Stakeholder, apakah itu ?

 In Bisnis, Tips

Dalam dunia usaha pasti anda sudah pernah mendengar istilah stakeholder. Namun, mungkin beberapa dari anda masih belum tahu apa itu stakeholder. Stake holder secara mudah adalah semua pihak dalam masyarakat baik itu komunitas atau individu atau mungkin kelompok masyarakat yang memiliki hubungan serta kepentingan terhadap sebuah isu atau permasalahan yang sedang terjadi dan kepada perusahaan atau organisasi. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, stakeholder memiliki arti sebagai pemangku kepentingan atau pihak pihak yang memiliki kepentingan.

Peran Stakeholder dalam Perusahaan

Bisa dibilang stakeholder merupakan bagian yang sangat penting untuk sebuah organisasi dan memiliki peran baik aktif atau pasif untuk mengembangkan apa yang menjadi tujuannya. Stakeholder kini bisa dijumpai dimanapun dan di bidang bisnis bahkan stakeholder keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari bisnis dan perusahaan. Meskipun begitu, ternyata tidak semua stakeholder akan memberikan pengaruh yang baik atau positif bagi perusahaan.

Stakeholder memiliki beragam peran untuk perusahaan seperti di bawah ini:

  • Pemilik atau Pemegang Saham

Pemegang saham memiliki peran yang sangat penting sebagai investor dimana mereka akan menyediakan modal sehingga sebuah perusahaan berhasil menjalankan bisnisnya. Selain itu, pemegang saham juga memiliki peran sebagai pengawas yang memiliki fungsi untuk mengamati bagaimana kinerja yang dimiliki oleh para pegawai dan mengawasi bagaimanakah kondisi keuangan sebuah perusahaan.

  • Pegawai

Kinerja sebuah perusahaan sangat bergantung pada kinerja yang dimiliki oleh sumber daya manusia di dalamnya. Seperti yang kita tahu bahwa pegawai memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis karena mereka merupakan pihak yang berkaitan langsung dengan kegiatan perusahaan. Jika tercipta kondisi yang harmonis dan nyaman antara para pegawai, maka kerjasama yang baik akan mudah terjadi dengan mengesampingkan kepentingan masing masing dari orang tersebut.

  • Supplier

Supplier atau pemasok memiliki peran untuk menyediakan bahan baku yang nantinya akan digunakan dalam proses produksi. Jika terjadi sebuah keterlambatan dalam menyediakan bahan baku, maka proses produksi sudah dipastikan akan terganggu dimana hal ini akan sangat berdampak pada proses pemasaran dan proses distribusinya.

  • Konsumen

Konsumen memiliki peran sebagai pengamat dan pengguna dari hasil produk sebuah perusahaan. Laku atau tidaknya sebuah barang di pasaran sangat bergantung pada selera yang dimiliki oleh masyarakat. Oleh karena itu, saran konsumen sangatlah penting untuk kemajuan yang bisa dicapai oleh perusahaan.

  • Bank atau Creditor

Bank atau Creditor adalah lembaga keuangan atau individu yang memberikan pinjaman kepada pengusaha. Secara umum, kreditor akan memberikan pinjaman dengan beberapa syarat sebagai penjamin uang yang dipinjamkan dimana uang tersebut nantinya harus dikembalikan secara tepat waktu dengan persentasenya.

  • Konsumen

Konsumen yang sesuai target adalah faktor penting untuk memastikan sebuah perusahaan bisa terus menjalankan bisnisnya. Untuk bisa mendapatkan konsumen yang loyal, maka sebuah perusahaan sebaiknya menyediakan produk dengan kualitas terbaik dan dengan harga wajar.

  • Pesaing / Kompetitor

Dalam dunia industri dan usaha, persaingan merupakan resiko dan hal yang pasti ada. Dalam pesaing ini ada yang disebut dengan pesaing langsung yakni mereka yang memiliki atau menawarkan produk dan jasa yang sama dalam sebuah industri.

  • Pemerintah

Pemerintah merupakan pihak yang memiliki kuasa dan wewenang untuk mengeluarkan sebuah perijinan usaha dan ini juga merupakan salah satu peran stakeholder dalam sebuah perusahaan.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik, dibutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan sebuah perusahaan menjadi lebih mudah dan cepat. Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recommended Posts
Top Pengendalian Intern