Perancangan Penjualan Online yang Terintegrasi

 In Bisnis
Perancangan Penjualan Online

Implementasi perancangan penjualan online yang terintegrasi dengan ERP terbaik, dibutuhkan tahapan yang teliti dalam membuat dokumentasi maupun memahami setiap langkah-langkah yang digunakan dalam pengembangannya Mengapa? Hal tersebut dimaksudkan agar menghasilkan ERP yang berkualitas. 

Seperti pada ERP Keysoft, dapat melakukan implementasi dengan tepat sasaran guna mendapatkan sistem ERP penjualan online yang berkualitas. Lalu apa saja tahapannya dalam merancang penjualan online yang terintegrasi dengan sistem ERP? Berikut ulasannya!

Tahap Perancangan Penjualan Online yang Terintegrasi dengan ERP

Perancangan Penjualan Online

Dalam pengembangannya, sistem ERP mengintegrasikan banyak fungsi di dalamnya. Oleh karena itu dibutuhkan setiap tahapan perancangan yang harus diperhatikan dengan baik agar menghasilkan sistem penjualan online yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien. Ini dia tahap perancangannya:

  1. Feasibility Study

Tahap pertama dalam merancang penjualan online yang terintegrasi dengan sistem ERP adalah feasibility study. Tahap ini adalah proses mengidentifikasi masalah dan peluang yang akan dilalui melalui proses yang sistematis. 

Pada tahap feasibility study menghasilkan gambaran kondisi sistem ERP yang akan dikembangkan. Dari gambaran kondisi tersebut, akan diketahui hasil akhir yang didapat dalam proses pengembangan sistem ERP. 

Selain itu, tahap ini dapat mengetahui secara detail setiap permasalahan klien dan tujuannya. Sangking pentingnya, oleh karena itu tahap ini harus dilakukan dengan tepat agar kebutuhan dan tujuan pengembangan sistem sesuai dengan yang diminta oleh klien. 

  1. Business Process Improvement

Penting halnya bagi Anda sebelum melakukan pemesanan sistem penjualan online yang terintegrasi dengan ERP untuk menyederhanakan proses bisnisnya terlebih dahulu. Mengapa? Agar memudahkan tim pengembang sistem dalam mengimplementasi kebutuhan Anda pada ERP. 

  1. Tim Internal Implementation

Pembentukan tim internal untuk implementation proyek perlu diperhatikan dengan baik. Hal tersebut dimaksudkan agar proyek dapat berjalan sesuai dengan target dan meminimalisir adanya kendala yang merugikan keberlangsungan proyek. 

Setiap anggota tim internal implementation memiliki tugas dan wewenangnya masing-masing dengan pembagian tugas yang jelas. Sehingga proses pengembangan sistem dapat berjalan lancar sesuai dengan timeline yang telah disepakati.  

  1. Expectation Management

Manajemen ekspektasi memastikan ERP dapat memenuhi kebutuhan klien dengan tepat. Namun yang perlu diperhatikan adalah ekspektasi ini bisa saja berbeda di setiap level pengguna ERP. Terutama pada ekspektasi klien.

Ekspektasi klien memiliki resiko yang cukup tinggi menjadi berubah-ubah seiring berjalannya waktu pengembangan sistem seperti karena perubahan regulasi, kondisi pasar, dan lain sebagainya. Maka diperlukan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan friksi. 

  1. Fit Gap Analysis

Tahap fit gap analysis adalah tim pengembangan sistem ERP berdiskusi terkait proses bisnis penjualan online yang dibutuhkan oleh klien dengan tepat. Selain itu juga dibutuhkan diskusi matang bagaimana sistem ERP dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut secara maksimal. 

Pada tahap ini, diperlukan dokumentasi standar operating procedure. Dari dokumentasi tersebut akan menghasilkan hasil akhir analisis berupa gambaran fitur yang dibutuhkan klien. Dari setiap gap yang telah terbentuk, dibutuhkan diskusi matang bagaimana cara mengatasinya. 

Itulah tahapan perancangan penjualan online yang dapat terintegrasi dengan sistem ERP. Setiap tahapan memiliki peranan penting dalam pengembangan sistem ERP, oleh karena itu harus dilakukan dengan teliti dan tepat. Namun, bisa saja dalam pengembangan ini dibutuhkan kustomisasi sistem ERP. 

Untuk mendapatkan penyedia jasa yang menyediakan layanan kustomisasi sistem ERP yang berkualitas, bisa melakukan pemesanan pengembangan sistem ERP kepada Keysoft. Anda dapat mengcustom  kebutuhan unik penjualan online Anda dengan Keysoft ERP. 

Keysoft bisa dengan mudah menambahkan dan menyesuaikan setiap modul yang ada dengan kebutuhan Anda secara tepat. Melalui custom ERP ini juga dapat membantu Anda dalam mengintegrasi antar cabang perusahaan. 

Dengan Keysoft ERP, Anda juga bisa mengelola penjualan online di setiap cabang secara real time hanya dalam satu platform terpusat. Sehingga proses bisnis Anda akan lebih aman dan nyaman. Menguntungkan bukan?  Hubungi Keysoft jika Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut seputar software terbaik ini!

Recent Posts
Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami