Software POS dan tips dalam memilih yang tepat

 In All Categories

Point Of Sale (POS) ialah mesin kasir dan untuk usaha ritel, memakai software POS (point of sale) paling dibutuhkan. Namun tidak boleh sampai salah memilih. Oleh karena hal tersebut maka Anda butuh pertimbangkan sejumlah hal pada saat menyimpulkan untuk memberli POS guna bisnis atau toko usaha Anda. Apa saja yang mesti diperhatikan?

Dengan software POS system, konsumen dapat mengerjakan pembayaran baik dengan cash, kartu kredit maupun kartu debit. Program itu akan secara otomatis terkoneksi pada akun bank kepunyaan Anda serta terhubung dengan financial tracking system. Meski tidak sedikit keuntungan yang didapat dengan pemakaian POS system, tetapi Anda tetap mesti seksama dalam memilihnya. Berikut ini beberapa tips urgen dalam memilih software POS system :

  • Pilih software yang banyak direkomendasikan

Semakin banyak software tersebut dipakai oleh usaha retail, maka dapat dipastikan software itu mempunyai fitur dan keunggulan yang digemari dan dibutuhkan. Jika memungkinkan, kerjakan survey ke retail-retail ternama untuk memahami POS system yang mereka gunakan.

  • Perhatikan profil developer

Perhatikan cara reputasi pengembang yang menciptakan POS system tersebut. Pilih pengembang yang benar-benar terpercaya, sebab mereka bakal bertanggung jawab dan sigap bila terjadi kehancuran atau error pada hardware dan aplikasi POS.

  • Pahami dengan baik fitur-fitur yang ditawarkan

Banyak pengembang menawarkan sekian banyak paket POS system dengan harga yang berbeda-beda. Agar tak salah pilih, tanyakan lebih jauh mengenai fitur-fitur itu dan pahami dengan baik. Pilih sistem yang memang cocok dengan situasi dan keperluan Anda.

  • Pilih cocok budget

Meski fitur-fitur yang ditawarkan lumayan menggiurkan, usahakan sesuaikan harga dengan budget Anda. Kebanyakan software POS system memerlukan investasi yang tidak sedikit, namun andai Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, dapat jadi malah akan menghemat pengeluaran.

  • Sistem yang gampang digunakan

POS system yang terlampau rumit bakal menyulitkan Anda dan semua karyawan Anda. Akibatnya proses transaksi berlangsung lebih lama daripada semestinya. Karena itu, pilih tampilan sistem yang simpel dan mudah dipakai (user friendly).

  • Dukungan teknis

Sebelum terlanjur memilih POS sistem, usahakan tanyakan dahulu apakah tersedia sokongan teknis saat sistem bermasalah. Jika memang ada, dengan kata lain Anda tak perlu cemas lagi pada masalah sistem yang barangkali terjadi, sebab Anda dapat melaporkannya dan bakal segera ditangani teknisi dari layanan tersebut. Namun jika tidak, maka beralihlah ke produk POS system lainnya yang menyediakan sokongan teknis untuk Anda.

  • Dilengkapi dengan Fitur Wajib

Pastikan andai software POS yang dipilih mempunyai fitur seperti :

  1. Laporan Barang Terlaris (Fast Moving)
  2. Diskon Promo, Membership
  3. Multi Payment
  4. Laporan Transaksi Harian
  5. Laporan laba rugi dan Neraca
  • After Sales

Carilah sekian banyak  media dukungan, seperti pertolongan halaman di website web mereka, video instruksional, dan telepon dan email real-live-orang akses.

  • Harga

Harga disini akan menjadi pertimbangan terakhir. Mengapa begitu? Jika Anda melakukan pembelian software yang murah namun malah membuat kinerja Anda terhambat jatuhnya menjadi mahal lagipula jika softwarenya tidak cocok dengan proses bisnis Anda. Lebih baik tidak mahal tetapi semua keperluan Anda telah terakomodir dengan baik.

Anda sedang mencari software POS untuk tempat usaha anda ? Key Software & Management Software akan segera menghadirkan POS Software untuk anda.

Recent Posts
Top Tempat StrategisMengecek