Pentingnya Meramalkan Penjualan

 In All Categories

Salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh manajemen dan adalah bagian integral dari proses pemungutan keputusan merupakan Metode meramalkan penjualan. Tingkat penawaran yang lebih rendah dikomparasikan dengan kemampuan pangsa pasar yang bisa diraih menyebabkan hilangnya peluang untuk mendapat keuntungan, bahkan menyebabkan hilangnya pelanggan karena berpindah ke pesaing. Untuk menolong tercapainya sebuah keputusan yang optimal dibutuhkan adanya suatu teknik yang tepat, sistematis dan bisa dipertanggungjawabkan.

Metode meramalkan penjualan dipakai untuk mengukur atau menaksir suasana di masa datang. Peramalan tidak saja dilaksanakan untuk menilai jumlah produk yang perlu diciptakan atau kapasitas jasa yang butuh disediakan, namun juga dibutuhkan untuk sekian banyak bidang lain misal seperti dalam pengadaan, penjualan, personalia, tergolong untuk peramalan teknologi, ekonomi, ataupun perubahan sosial – budaya.  Ada sejumlah pengertian tentang peramalan penjualan diantaranya:

• Peramalan penjualan ialah perkiraan atau proyeksi secara teknis permintaan konsumen potensial untuk sebuah waktu tertentu dengan sekian banyak asumsi.

• Peramalan penjualan ialah perkiraan tentang sesuatu yang belum terjadi .

• Peramalan penjualan ialah Budget yang mengandung taksiran-taksiran mengenai kegiatan-kegiatan perusahaan dalam jangka masa-masa tertentu yang bakal datang,serta mengandung taksiran-taksiran tentang suasana atau posisi financial perusahaan pada suatu ketika yang bakal datang.

Intinya meramalkan penjualan (sales forecasting) merupakan teknik proyeksi permintaan langganan yang potensial untuk sebuah waktu tertentu dengan sekian banyak asumsi. Peramalan sangat urgen di kerjakan oleh si pengusaha guna menjalankan seluruh perencanaan di dalam perusahaannya.

Hasil dari meramalkan penjualan lebih adalah pernyataan atau evaluasi yang dikuantifisir terhadap situasi masa depan tentang penjualan sebagai proyeksi teknis dari permintaan konsumen potensial guna jangka masa-masa tertentu. Meskipun demikian hasil estimasi yang didapatkan mungkin saja tidak sama dengan rencana.

Pada lazimnya hasil dari sebuah peramalan penjualan bakal dikonversikan menjadi rencana penjualan dengan memperhitungkan sekian banyak hal seperti pendapat manajemen, strategi-strategi yang direncanakan, kebersangkutanan dengan sumber daya, dan ketetapan manajemen dalam usaha menjangkau sasaran penjualan.

Manfaat meramalkan penjualan untuk perusahaan :

1. Menambah keterampilan perusahaan untuk menyelenggarakan pengawasan informasi  pekerjaan–pekerjaan tertentu atau memperbaiki proses pemberian laporan.

2.  Memungkinkan munculnya teamwork diantara pimpinan.

3. Memungkinkan di buatnya jadwal – jadwal pembelian, produksi, budget penjualan dan budget alokasi pengeluaran sampai-sampai di peroleh pedoman dasar bekerja yang relatif lebih tepat.

Tahapan untuk mengerjakan suatu peramalan.

1. Menentukan tujuan dari peramalan.

2. Pemilihan teori yang relevan.

3. Pengumpulan data.

4. Analisis data.

5. Estimasi dari model sementara.

6. Evaluasi model dan merevisi model.

7. Penyajian ramalan sementara untuk manajemen.

8. Pembuatan revisi final.

9. Pendistribusian hasil peramalan.

10. Penentuan tahapan – tahapan pemantuan.

Ada dua jenis – jenis cara meramalkan penjualan yakni kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu memahami data yang bakal dipakai untuk mengerjakan peramalan menurut pendapat para berpengalaman / pakar. Adapun kuantitatif terdapat metode smoothing, metode box – jenkins, metode proyeksi trend dengan regresi, dan metode Sebab Akibat ( Causal Methods / Korelasi).

Dengan adanya meramalkan penjualan produk di sebuah perusahaan, maka manajemen perusahaan itu akan bisa melangkah kedepan dengan lebih pasti. Atas dasar peramalan penjualan yang dibentuk ini manajemen perusahaan bakal dapat memperoleh cerminan tentang suasana masa depan perusahaan. Gambaran suasana penjualan pada masa-masa yang akan datang ini paling penting untuk manajemen perusahaan, sebab kebijakan perusahaan bakal sangat diprovokasi oleh besarnya penjualan produk perusahaan tersebut.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam meramalkan penjualan ? Key Accounting & Management Software adalah Software yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top