Laporan Finansial Dan Tujuan Dibuatnya

 In All Categories

Perlu Anda ketahui bahwa tujuan laporan finansial  begitu banyak. Namun kali ini ulasan berikut akan membahasnya dengan lebih sederhana dan mudah dipahami. Berikut 3 tujuan laporan finansial yang sangat penting. Dan sebisa mungkin diterangkan dengan bahasa yang mudah dicerna oleh awam sekalipun.

Memberikan Informasi untuk yang Membutuhkan

Yang namanya laporan, sudah tentu mengandung informasi. Khususnya informasi tentang finansial perusahaan. Didalam laporan tersebut ada rangkuman angka angka. Yang menyatakan posisi harta. Menjelaskan posisi keuangan. Menjelaskan hasil usaha perusahaan. Apa saja informasi yang diberikan?

  •  Neraca

Neraca ialah rangkuman mengenai harta perusahaan. Dengan neraca ini. Pemilik perusahaan bakal tahu: berapa jumlah asetnya. Aset lancarnya seperti uang kas atau aset tetapnya contohnya tanahnya, gedungnya, mesinnya.

  •  Laporan Laba Rugi

Isinya tentang penghasilan yang sukses diperoleh perusahaan. Selain itu juga beban yang dikeluarkan. Logikanya: apabila pendapatan lebih banyak dari beban, maka perusahaan untung/laba. Jika kebalikannya maka rugi.

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan ini sangat ditunggu oleh pemiliknya dan juga calon pemilik perusahaan. Mereka hendak cari untung. Mereka hendak investasi diperusahaan yang menguntungkan.

  • Laporan Arus Kas

Urat nadi pekerjaan perusahaan terdapat di laporan arus kas ini. Isinya arus kas masuk dan kas terbit perusahaan. Dengan menyaksikan laporan arus kas, pemakai dapat menyimpulkan urusan :

  1. Kemampuan perusahaan menemukan kas masuk
  2. Kemampuan perusahaan untuk menunaikan utang
  3. Digunakan guna apa saja duit kas perusahaan
  4. Tahu darimana perusahaan dapat mendapatkan duit kas
Catatan Atas Laporan Keuangan

Keempat jenis laporan finansial diatas tadi, hanya menampilkan ringkasan atau angka finalnya saja. Rinciannya tidak tertulis disana. Tidak diterangkan darimana angka itu dihasilkan. Tidak diterangkan metodenya apa. Karena bila ditulis: laporannya dapat sangat panjang sehingga menyiksa yang membacanya.

Laporan Finansial Sebagai Alat Pertanggung Jawaban Manajemen

Salah satu tujuan utama laporan keuangan ialah untuk dijadikan media komunikasi manajemen untuk pemilik dan krediturnya. Sekaligus bentuk pertanggungjawaban. Setiap periode, manajemen wajib mengadukan apa saja yang sudah dilakukannya. Khususnya yang terkait dengan finansial perusahaan.

Laporan Finansial Sebagai Bahan Evaluasi

Angka angka yang terdapat pada laporan finansial memberikan begitu banyak arti. Bagi seluruh pembacanya. Dengan laporan keuangan: mereka mempunyai data. Dengan data mereka punya pegangan. Dengan punya pegangan, mereka dapat membuat keputusan untuk tahapan selanjutnya.

  • Untuk Manajemen

Memang, yang merangkai laporan keuangan ialah manajemen. Namun mereka dapat memanfaatkan laporan keuangan tersebut untuk dirinya sendiri. Setiap tahun, manajemen tentu punya target. Pasti punya tujuan. Juga punya rencana. Mereka telah merangkai apa saja yang bakal mereka lakukan. Apakah sekitar setahun sarat target mereka telah terpenuhi? Apakah tujuannya telah tercapai? Sudah cocok dengan rencana?

  • Untuk Pemegang saham

Pemegang saham menyimpulkan akan tetap mengerjakan investasi atau tidak. Menambah investasi atau justeru menguranginya. Setelah mereka melakukan penilaian atas kinerja perusahaannya. Caranya: menyimak laporan finansial yang diberikan.

  • Untuk Kreditur

Sama dengan pemegang saham, laporan finansial akan dievaluasi oleh kreditur guna menilai ini: keterampilan perusahaan menunaikan utangnya.

  • Untuk Pemerintah

Pemerintah mengharuskan perusahaan merangkai laporan keuangan tidak saja soal pajak saja. Memang pajak ialah target utama, tujuan utama akan tetapi ada tujuan lain yang sama pentingnya yakni mengevaluasi kebijakannya. Mengevaluasi undang undang yang telah ada. Menambahnya apabila  dirasa kurang, menguranginya apabila dirasa terlalu berlebihan. Intinya membetulkan peraturan undang undang sehingga lebih baik. Tentang aturan industri yang secara umum.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam mempersiapkan laporan finansial anda dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top WebinarBisnis