Tips Membuat Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan dan UMKM

 In Akuntansi, Keuangan

Jurnal umum akuntansi merupakan dasar pembuatan laporan keuangan. Pada jurnal umum tercatat secara rinci transaksi keuangan yang meliputi tanggal transaksi, nama akun, nominal, dan keterangan lainnya.

Nah untuk membuat jurnal umum, terdapat aturan atau ketentuan yang perlu Anda perhatikan. Misalnya seperti persamaan dasar akuntansi dan siklus keuangan. Keduanya sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan jurnal.

Pengertian Jurnal Umum Akuntansi

Jurnal Umum Akuntansi, Tips Membuat Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan dan UMKM

Jurnal umum dapat diartikan sebagai jurnal yang dipakai untuk mencatat seluruh jenis transaksi keuangan beserta buktinya. Artinya, setiap transaksi keuangan dalam perusahaan akan dimasukan pada jurnal.

Tujuan dibuatnya jurnal umum, yaitu untuk mengidentifikasi setiap transaksi yang terjadi. Kumpulan transaksi dalam jurnal umum inilah yang digunakan untuk membuat laporan keuangan lainnya. Itulah sebabnya pencatatan data jurnal umum haruslah akurat.

Selain itu, jurnal umum mencatat tanggal transaksi sehingga dapat menggambarkan aktivitas perusahaan secara sistematis. Jurnal ini juga berguna dalam memberikan petunjuk informasi mengenai debit kredit perusahaan.

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Agar tidak mengalami kesulitan dalam membuat jurnal umum akuntansi, Anda perlu memahami prinsip dasarnya. Pertama, Anda harus paham cara mengidentifikasi bukti transaksi keuangan. Contohnya seperti membaca kwitansi, nota, invoice, atau bukti transaksi lainnya. Bukti inilah yang menjadi data yang akan diinput pada jurnal umum.

Selanjutnya, dari bukti transaksi yang tersedia, Anda akan menentukan akun yang mengalami perubahan. Karena itu, pastikan Anda telah memahami deskripsi dan kegunaan setiap akun seperti harta, modal, utang, piutang, dan sebagainya.

Pengaruh dalam transaksi bisa pengurangan atau penambahan, debit atau kredit. Setiap transaksi menghasilkan nilai yang setara antara sisi aktiva dan pasiva. Jika salah, jurnalnya tidak balance.  Jadi, pastikan pencatatan dilakukan dengan benar.

Tips Membuat Jurnal Umum Akuntansi

Membuat jurnal umum sebenarnya mudah ketika Anda sudah paham dengan akun-akun dalam akuntansi beserta prinsip-prinsip dasarnya. Berikut ini cara dan tips membuat jurnal umum yang cocok diterapkan pada perusahaan berskala besar maupun UMKM.

  1. Memahami Persamaan Dasar Akuntansi

Sebelum membuat jurnal umum akuntansi, Anda harus sudah paham persamaan dasar akuntansi. Hal ini berguna dalam mengetahui cara pencatatan transaksi. Akun mana yang berpengaruh dan dicatat dalam posisi debit atau kredit.

Secara sederhana, persamaan dasar akuntansi adalah AKTIVA = PASIVA. Aktiva terdiri dari sejumlah akun seperti kas dan piutang sedangkan pasiva terdiri atas utang dan modal (liabilitas). Kedua sisi aktiva dan pasiva harus memiliki nilai yang sama. Dalam akuntansi sering disebut balance.

  1. Mengkompilasikan Bukti Transaksi

Agar jurnal umum yang dibuat akurat, pembuatan jurnal harus berdasarkan data aktual yaitu bukti transaksi. Bukti transaksi meliputi nota, invoice, faktur, dan kwitansi. Dokumen tersebut diidentifikasi untuk selanjutnya dianalisis akun-akun apa saja yang terpengaruh.

Karena bukti transaksi sangat penting, pastikan Anda menyimpannya dalam satu tempat. Hal ini dilakukan demi memudahkan pencarian ketika sewaktu-waktu bukti tersebut dibutuhkan kembali. 

  1. Melakukan Pencatatan Sesuai Prinsip Dasar yang Berlaku

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam proses pembuatan jurnal umum. Setelah adanya bukti transaksi, Anda bisa langsung menginputkan data yang diperlukan ke dalam jurnal. Ingat selalu persamaan dasar akuntansi yang menjadi pedoman dalam pencatatan.

Saat ini pencatatan jurnal sudah lebih mudah dengan adanya teknologi. Beragam aplikasi tersedia untuk mempercepat prosesnya. Yang penting, Anda paham dengan prinsip dasar sehingga sistem aplikasi pun akan menghasilkan jumlah debit dan kredit yang sama.

Aplikasi Jurnal Umum Akuntansi Terbaik

Baik perusahaan atau bahkan UMKM sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnisnya. Termasuk dalam hal ini juga pemanfaatan aplikasi pencatatan keuangan seperti membuat jurnal umum dan laporan keuangan lainnya.Software Keysoft dengan produknya MAI Accounting merupakan penyedia jurnal umum akuntansi yang terotomatisasi. Dengan sistem digital, software ini mampu membantu Anda membuat jurnal dengan cepat dan akurat. Menariknya lagi, Anda bisa berkonsultasi secara gratis. Cek sekarang juga!

Recommended Posts
Rasio Likuiditas
Neraca Keuangan
Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami