5 Fungsi Manajemen Perusahaan yang Wajib Diketahui

 In Bisnis
fungsi-manajemen

Perusahaan bisa berjalan secara efektif tidak lepas dari proses pengelolaan yang baik. Manajemen perusahaan menjadi istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pengelolaan seperti ini.

Fungsi manajemen dalam perusahaan berguna untuk mencapai tujuan organisasi dengan efisien dan juga efektif. Tentunya fungsi manajemen ini harus dilakukan dengan baik agar mendapatkan tujuan tertentu.

Begini Fungsi Manajemen Secara Praktis

Pelaksanaan kegiatan di perusahaan bisa berjalan dengan baik jika mengikuti proses manajemen. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka haruslah menguasai semua elemen fungsi manajemen seperti berikut ini.

  1. Sebagai Perencanaan

Setiap perusahaan pastinya memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai. Tujuan ini bisa tercapai secara efektif jika melakukan perencanaan. Perencanaan yang dibuat bisa dijadikan sebagai penentu dan juga tolak ukur strategi yang akan dilakukan. Kemudian dapat dilakukan evaluasi secara periodik.

Fungsi perencanaan seperti ini juga mencakup penyusunan strategi secara efektif. Hasilnya bisa membuat produktivitas perusahaan semakin meningkat. Penyusunan rencana perusahaan seperti ini haruslah dilakukan dengan konsisten secara keseluruhan, untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Melakukan Pengorganisasian
fungsi-manajemen

Untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan, maka peorganisasian sangatlah dibutuhkan. Kegiatan pengoranisasian dapat mengkoordinasi sumber daya, tugas dan juga otoritas diantara anggota.

Nantinya pengorganisasian ini tidak hanya mencakup hubungan dengan pihak luar saja. Melainkan juga bagian internal perusahaan agar bisa bekerja secara efektif dan tetap solid.

  1. Untuk Pengarahan

Pengarahan kerja dilakukan untuk membagi pekerjaan dan juga tanggung jawab kepada setiap karyawan disuatu perusahaan. Arahan yang diberikan kepada anggota haruslah melalui penyusunan prioritas terlebih dahulu. Mana saja tugas dan tanggung jawab yang perlu dikerjakan dengan tenggat waktu tertentu.

Pengarahan ini diberikan kepada orang yang telah ditentukan dan sudah tercatat pada struktur organisasi. Proses pengarahan ini dilakukan untuk mempengaruhi dan juga memberikan motivasi kepada orang tertentu agar bisa mencapai tujuan bersama.

  1. Sebagai Pengendalian

Fungsi manajemen selanjutnya bisa digunakan sebagai pengendalian. Adanya pengendalian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan organisasi ini bisa berjalan sesuai rencana atau tidak. Kegiatan yang bisa dilakukan saat melakukan pengendalian bisa berupa menentukan standar prestasi terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan mengukur prestasi yang telah dicapai, dan membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar yang ada. Setelah itu barulah melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan standar prestasi yang sudah ditentukan.

  1. Pengkoordinasian

Pengkoordinasian menjadi fungsi dari manajemen yang terakhir. Adanya pengkoordinasian ini dapat menghubungkan dan juga menyelesaikan pekerjaan. Selain itu juga dapat bekerja sama dengan yang lainnya agar tidak terjadi adanya kekacauan.

Koordinasi juga bisa dilakukan dengan melakukan pertemuan orang yang terlibat dalam sistem kerja perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan tujuan dan juga tempo kerjanya. Meminimalisir persaingan tidak sehat juga bisa dilakukan dengan cara koordinasi ini.

Beberapa fungsi dari manajemen di atas memang harus diterapkan pada setiap perusahaan. Bagaimanapun juga perusahaan bisa mencapai tujuannya dengan baik jika memiliki sistem manajemen yang baik. Untuk itu kelima fungsi dari manajemen perusahaan di atas harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi masalah tertentu pada perusahaan.Kini semua fungsi manajemen pada perusahan bisa dilakukan dengan lebih mudah jika menggunakan satu software. Adanya software MAI Accounting dari Keysoft mampu membuat manajemen perusahaan dilakukan dengan cepat dan lebih efektif. Jadilah bagian dari kami sekarang juga, dan dapatkan berbagai keuntungan agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Recent Posts