Fungsi Forecasting Bisnis dan Teknik-Tekniknya

 In Bisnis, Marketing

Fungsi forecasting – Forecasting atau peramalan adalah kegiatan yang bertujuan untuk memprediksi segala hal yang akan terjadi dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang efeknya bisa berlangsung untuk jangka waktu yang lama seperti proses produksi, penawaran, permintaan, strategi, dan penggunaan teknologi atau software dalam menjalankan sebuah usaha atau organisasi.

Biasanya, forecasting ini akan anda gunakan oleh pihak manajemen atau perusahaan ketika mereka sedang mengalami masalah dalam menentukan perencanaan kegiatan bisnis untuk beberapa periode ke depan, baik untuk hal yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif sehingga forecasting bisnis ini juga bisa disebut sebagai rencana jangka pendek atau panjang.

Fungsi forecasting bisnis

Penggunaan forecasting bisnis sendiri semakin sering dilakukan oleh perusahaan karena dengan forecasting perusahaan bisa mendapatkan kontribusi yang bisa memperlancar usaha mereka. Berikut fungsi dari melakukan forecasting bisnis:

1.Mengantisipasi tren pasar di masa depan

Perlu anda ketahui bahwa kondisi pasar selalu berubah-ubah sehingga kalau anda ingin produk atau layanan anda tetap relevan di pasar, anda perlu melakukan forecasting bisnis secara teratur sehingga anda bisa mengetahui tren pasar di masa depan, dan anda juga akan siap dalam mengarahkan bisnis anda ke tren itu agar bisa tetap kompetitif.

2. Meningkatkan kepuasan konsumen

Membuat konsumen puas merupakan tujuan terpenting setiap perusahaan karena dengan rasa puas ini, konsumen akan lebih percaya terhadap perusahaan dan bersedia menjadi konsumen tetapnya.

Untungnya, forecasting bisnis bisa membantu anda dalam meningkatkan kepuasaan konsumen karena anda bisa memperkirakan jumlah produk yang harus diproduksi untuk memenuhi permintaan konsumen sehingga konsumen bisa mempercayakan bisnis anda ketika sedang butuh.

3. Memperlancar arus kas perusahaan

Dalam menjalankan bisnis pasti akan ada waktu di mana penjualan sedang turun. Untungnya, forecasting bisnis bisa mempersiapkan anda untuk menghadapi penjualan yang sedang turun dan menyiapkan solusi untuk mengatasinya.

Forecasting bisnis juga bisa memberitahu anda kapan penjualan perusahaan akan mengalami peningkatan sehingga anda bisa merencanakan strategi agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

4. Meningkatkan keefektifan perusahaan dalam mencapai target

Forecasting bisnis juga bisa memberikan anda target yang perlu dicapai agar perusahaan anda bisa berkembang sehingga dengan target yang ada, anda bisa mempersiapkan rencana yang lebih matang dan fokus memusatkan sumber daya perusahaan anda untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Teknik-teknik forecasting

Sekarang anda sudah tahu kalau forecasting bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis, tetapi sebelum anda mengaplikasikan forecasting ini, anda perlu tahu teknik-tekniknya sehingga anda bisa melakukan pelamaran yang lebih akurat. Berikut teknik-teknik forecasting:

1. Qualitative forecasting

Teknik qualitative forecasting ini didasarkan atas pertimbangan kualitatif masa lalu yang bersifat intuisi, pendapat, pengetahuan, dan pengalaman seperti pendapat tim sales, pendapat para ahli, dan hasil survei para konsumen.

Ramalan ini biasanya digunakan oleh perusahaan ketika perusahaan ingin mengembangkan ide produk atau layanannya agar bisa relevan di tren pasaran yang akan datang.

2. Quantitative forecasting

Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik quantitative forecasting ini didasarkan atas data penjualan yang terjadi di masa lalu seperti penjualan tahun kemarin atau bulan kemarin.

Biasanya, teknik forecasting ini dipakai oleh perusahaan ketika perusahaan ingin memastikan kalau jumlah produk yang akan diproduksi akan sesuai dengan permintaan para konsumen di tren pasar yang akan datang.

Walaupun kedua teknik forecasting di atas memiliki tujuan yang berbeda, anda perlu tahu kalau hasilnya akan tergantung dengan metode dan orang yang menyusun metode itu sehingga melakukan forecasting ini memerlukan perhatian yang cukup tinggi.

Selain forecasting, financial planning juga berperan penting dalam perusahaan. Untuk membuat financial planning yang akurat dibutuhkan data yang akurat juga. Maka dari itu peran Software ERP dibutuhkan dalam membuat Financial Planning. Keysoft ERP akan membantu anda dalam membuat financial planning dengan data perusahaan yang akurat. Yuk simak info lebih lanjut mengenai Keysoft ERP disini.

Membutuhkan Software Akuntansi atau Software ERP? Hubungi www.softwareakuntansi.co.id untuk mendapatkan Software Accurate 5 atau Keysoft ERP disini atau hubungi 0819-3269-3888 .

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
jual-software-akuntansipengertian-siklus-akuntansi