Pengertian Siklus Akuntansi Hingga Tahapan-Tahapannya

 In Akuntansi, All Categories, Bisnis, Keuangan

Pengertian Siklus Akuntansi – Apa yang ada anda tahu tentang akuntansi? Pasti anda akan menjawabnya kalau akuntansi ini merupakan kegiatan yang kerjanya mencatat keuangan saja.

Hal ini memang benar, tetapi perlu Anda ketahui bahwa kegiatan akuntansi itu bukan hanya mencatat keuangan saja, tetapi masih ada banyak kegiatan lainnya yang biasa disebut sebagai siklus akuntansi.

Jadi, apa yang dimaksud dengan siklus akuntansi?

Pengertian siklus akuntansi

Pengertian siklus akuntansi adalah serangkaian proses penyusunan transaksi keuangan yang dilakukan berdasarkan kaidah dan prinsip yang meliputi ruang lingkup akuntansi selama periode tertentu.

Transaksi keuangan yang sudah disusun ini akan dirangkum dan dimasukkan ke dalam suatu bentuk laporan keuangan sehingga nantinya laporan keuangan ini dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dikirim ke pihak manajemen perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan terkait hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan siklus akuntansi ini adalah serangkaian proses atau rutinitas yang dilakukan oleh tenaga akuntan untuk membuat laporan keuangan yang cukup penting terhadap jalanya suatu perusahaan.

Tahap-tahap siklus akuntansi

Setiap perusahaan memiliki tahapan siklus akuntansi yang berbeda, tetapi secara garis besar, siklus akuntansi sendiri terdiri atas tiga tahap, yakni tahap pencatatan dan penggolongan bukti transaksi keuangan, tahap peringkasan laporan keuangan, dan tahap perumusan laporan keuangan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa memperhatikan cara kerja tiga tahap tersebut di bawah ini.

  1. Tahapan pencatatan dan penggolongan bukti transaksi keuangan

Tahap pertama dalam siklus akuntansi adalah melakukan pencatatan transaksi berdasarkan data transaksi yang dikumpulkan selama satu periode tertentu. Pencatatan ini dilakukan agar perusahaan dapat menganalisis arus kas lebih akurat lagi.

Setelah proses pencatatannya selesai, anda perlu menggolongkan seluruh data transaksi yang sudah dicatat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan untuk menganalisis data keuangan.

Untuk melakukan pencatatan dan penggolongan ini diperlukan berbagai tahapan antara lain sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi dan menganalisis bukti transaksi

Pertama, anda perlu mengidentifikasi bukti transaksi karena sudah tugas akuntan untuk memastikan kalau transaksi yang terjadi dapat mempengaruhi keuangan perusahaan. Bukti yang dibutuhkan di sini adalah kuitansi, nota, faktur, bukti kas, dan sebagainya.

Selanjutnya, anda akan menganalisis bukti transaksi dengan memisahkan bukti-bukti transaksi berdasarkan kategorinya masing-masing.

  • Memindahkan bukti transaksi

Bukti transaksi yang sudah dianalisis perlu anda masukkan ke dalam buku jurnal agar bisa dijadikan landasan untuk menentukan laporan laba rugi perusahaan.

2. Tahapan peringkasan laporan keuangan

Tahapan kedua akan berkaitan dengan peringkasan laporan berdasarkan data transaksi yang dikumpulkan sebelumnya. Berikut langkahnya:

  • Merancang neraca saldo berdasarkan data yang ada di buku besar.
  • Menyusun jurnal penyesuaian untuk menulis ulang jika ada kesalahan dan menyesuaikan nilai saldo dengan cara mengurangi atau menjumlahkan saldo akun yang ada di neraca saldo.
  • Membuat neraca lajur untuk memperoleh informasi mengenai laba rugi, perubahan modal, dan neraca.

3. Tahapan perumusan laporan keuangan

Terakhir anda akan melakukan perumusan laporan keuangan. Berikut isi laporan yang harus ada di laporan keuangan:

  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan modal
  • Neraca
  • Laporan arus kas

Sebagai langkah akhir, anda perlu menyusun laporan penutup seperti penyusunan akun pendapatan, beban, dan laba rugi yang diterima perusahaan. Hal ini perlu anda lakukan agar laporan keuangan periode saat ini tidak tercampur dengan laporan periode berikutnya.

Siklus akuntansi bisnis anda akan jauh lebih mudah dan efisien jika anda menggunakan Software Akuntansi. Penggunaan Software ini akan membuat kesalahan yang biasa terjadi pada perhitungan akuntansi dapat diminimalisir. Maka dari itu hubungi www.softwareakuntansi.co.id sekarang untuk mendapatkan Software Akuntansi terbaik sekarang juga!

Cek info lebih lengkap untuk software akuntansi disini.

Hubungi www.softwareakuntansi.co.id sekarang juga disini untuk mendapatkan penawaran menarik

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
fungsi-forecasting