Brand Produk Dalam Menjalankan bisnis

 In All Categories, Bisnis, Marketing, Tips

Jika suatu perusahaan tampil lebih baik dalam sebuah persaingan yang ketat, pasti perusahaan tersebut memiliki brand dan identitas yang tepat. Konsep branding dan identitas dapat meningkatkan nilai dari sebuah produk maupun perusahaan yang memproduksinya. Branding adalah sebuah proses untuk membuat persepsi dalam diri konsumen yang disusun melalui proses pembuatan dan pengenalan. Proses penciptaan dilaksanakan dengan menyerahkan identitas visual bagi identitas perusahaan. Sedangkan proses pengenalan dilaksanakan dengan iklan-iklan yang terus menerus ditayangkan untuk menyerahkan persepsi dalam benak konsumen.

Lalu, apakah keuntungannya dari upaya membangun brand ini pada bisnis anda?

  •  Meningkatkan pengenalan produk

Bagi produk yang baru di pasar, seringkali anda akan merasa kesulitan dalam memasarkannya. Hal ini dikarenakan konsumen sudah memiliki produk lain yang sudah mereka percaya. Produk Anda yang belum terkenal pasti membutuhkan usaha yang lebih untuk memasarkannya. Dengan memakai faktor-faktor tertentu seperti hal penampilan luar dan visual, Anda dapat menciptakan persepsi sendiri yang pastinya menguntungkan bagi produk Anda. 

  • Membantu positioning product Branding

Usahakan product Anda dikenal sebagaimana adanya. Bagaimana dengan harga dan kualitasnya? Branding akan membantu Anda menempatkan produk Anda dengan kelasnya sesuaikan dengan kualitas produk Anda sehingga tidak akan terlihat terlalu junjing.

  • Memudahkan pengenalan product baru

Jika Anda sudah memiliki brand yang terkenal, anda akan dengan mudah memperkenalkan produk baru. Konsumen yang loyal dengan brand Anda akan dengan mudah percaya dengan reputasi brand sebelumnya. Sayangnya, hal ini bisa berdampak sebaliknya bagi perusahaan anda. Jika nilai brand Anda menurun karena salah satu produk, maka produk lain juga terkena dampaknya.

  • Menggunakan kekuatan brand equity

Brand dapat sangat menguntungkan. Anda dapat lebih untung dari sebuah bisnis dengan dana yang melimpah hanya dari memasarkan brand. Contohnya, Anda mempunyai produk Y, yang sudah paling melekat dalam pikiran masyarakat dan terdapat pemain baru yang hendak masuk dan berlomba dalam bisnis anda. Salah satu bisa jadi untuk menciptakan pemain baru ini sukses ialah dengan teknik membeli brand Anda dan dapat pensiun dengan lebih tenang.

Jenis-jenis brand

  • Product Branding

Bertujuan untuk mendorong konsumen agar lebih memilih produk anda yang sudah dirancang sedemikian rupa daripada produk yang lain.

  • Personal Branding

Personal branding adalah alat pemasaran yang dipakai untuk mengusung nama seorang publik figur seperti politisi, musisi, selebriti, dan lain-lain. Dengan begitu publik tokoh tersebut, maka anda akan mendapat citra yang diharapkan di mata masyarakat.

  • Corporate Branding

Tujuan corporate branding adalah untuk menambah reputasi sebuah perusahaan di suatu pasar tertentu. Hal ini meliputi seluruh aspek perusahaan mulai dari produk/ jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan terhadap masyarakat.

  • Geographic Branding

Bertujuan untuk memunculkan cerminan dari suatu produk atau jasa saat suatu nama tempat sedang dibicarakan oleh seseorang.

  • Cultural Branding

Bertujuan untuk mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari tempat atau kebangsaan.

Branding ialah sebuah investasi. Janganlah ragu untuk mengerjakan investasi dalam branding. Milikilah visual identity yang jelas dan perkenalkan brand milik anda. Ini akan menjadi sebuah investasi yang paling menguntungkan.

Dengan pelayana yang baik ke konsumen, branding produk anda akan menjadi lebih maju. Untuk itu, dibutuhkan software yang siap membantu anda. Grasindo Inti Utama menyediakan software yang dirancang untuk mempermudah kegiatan di perusahaan anda. Tunggu apa lagi ? Konsultasikan kebutuhan anda sekarang!

Recommended Posts
Top Frozen Food