Bahan Baku dan Cara Memilihnya

 In All Categories

Bahan baku merupakan hal yang sangat wajib dipikirkan dengan matang oleh sebuah perusahaan, terutama oleh perusahaan yang membuat suatu produk tertentu. Pemilihan yang tepat akan membuat produksi menjadi lancar. Pemilihannya pun tak bisa sembarangan. Ada beberapa syarat yang harus anda ketahui sehingga pemilihan dapat dilakukan dengan tepat dan efisien. Syarat apakah tersebut?

  • Kualitas yang Baik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk membuat produk berkualitas baik dan sesuai dengan keinginan konsumen, maka bahan baku yang dimiliki pun harus baik. Selain itu, bahan yang baik dan berkualitas juga biasanya dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tak akan merugikan perusahaan. Apabila anda sudah menemukan yang cocok, tips paling mudah untuk memperoleh harga lebih terjangkau adalah dengan membelinya dalam jumlah besar karena produsen biasanya akan memberikan potongan harga untuk ini. Untuk mendapatkan bahan yang berkualitas, ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan seperti mengecek sumber yang tersedia, melakukan pemeriksaan ketika dibeli, penanganan saat pengangkutan, penanganan saat penyimpanan dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam upaya tersebut maka diharapkan sebuah perusahana dapat terus mendapatkan bahan baku yang berkualitas sehingga standard barang yang sudah ditentukan oleh perusahaan dapat dilanjutkan dan konsumen selalu dapat memperoleh barang dengan kualitas terbaik.

  • Bahan Baku yang Mudah Diperoleh

Selain memilih bahan baku yang berkualitas, ada baiknya jika anda memilih yang mudah diperoleh sehingga proses produksi pun dapat berjalan dengan lancar. Aspek ini ditentukan oleh beberapa hal seperti ketersediaan, kuantitas, dan kontinyunitas dari bahan baku tersebut. Ini berarti, sebaiknya bahan dapat diperoleh sewaktu waktu apabila dibutuhkan sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Sebaiknya hindari bahan baku yang sifatnya musiman, kecuali jika memang anda sudah memiliki perhitungan yang matang dan siap dengan segala resiko.

  • Mudah Diolah

Bahan baku yang berkualitas cenderung mudah untuk diolah. Bahan yang mudah diolah juga berkaitan dengan proses produksi dimana btentu tak membutuhkan terlalu banyak biaya untuk diproduksi. Hal ini karena anda tak perlu repot mencari alat yang sulit dicari atau mungkin meminta bantuan perusahaan lain untuk mengolah bahan tersebut. Contohnya adalah apabila anda membutuhkan tepung beras, Akan lebih baik jika anda mencari langsung dalam bentuk tepung beras daripada membeli bahan mentah berupa beras dan mengolahnya sendiri hingga menjadi tepung.

  • Pertimbangan Harga

Bahan baku yang berkualitas tak selamanya memiliki harga selangit. Apabila anda mendapatkan produsen yang tepat, bukan tak mungkin anda akan mendapatkan harga yang wajar dan cenderung murah dengan kualitas yang baik. Sebaiknya, harga bahan baku ini memang tak melebihi harga yang biasanya ada di pasaran. Dengan harga terjangkau ini tentu biaya produksi yang dibutuhkan juga akan rendah dan pada akhirnya harga jual barang anda juga akan lebih rendah dibandingkan dengan para pesaing. Dengan cara ini maka sudah tentu konsumen akan lebih tertarik untuk menggunakan produk dari anda.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam mengelolah bahan baku anda dengan efektif ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top