Software Manufaktur Dalam Proses Produksi

 In Akuntansi, Bisnis, Tips

Software Manufaktur – Perusahaan manufaktur ialah perusahaan yang  dapat menciptakan suatu barang, baik menurut pesanan maupun yg terus menerus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasarnya. Titik kritis perusahaan manufaktur ialah menghitung harga pokok sebuah barang apabila produk yg diperoleh jenisnya sedikit mungkin lebih mudah. Tapi apabila variasi produk yang dibuat cukup banyak, menilai harga pokok akan relatif  lebih susah.

Standart Harga pokok menjadi penting sebab menilai harga jual sebuah proses buatan yg tidak efesien dapat membuat harga pokok menjadi lebih tinggi dari harga pokok standart. Jika ini terus terjadi, kerugian bisa saja tidak terhindari. Diperlukan mekanisme guna mengontrol biaya agar tidak melebihi harga pokok standart dengan memakai software manufaktur yg tepat dan efesien .

Berikut ini 7 kegiatan utama perusahaan manufaktur/ pabrikasi:

  1. Membeli bahan baku produksi
  2. Membayar hutang dagang
  3. Memproduksi barang
  4. Menjual barang ke konsumen
  5. Menerima piutang dagang
  6. Mengelola stok barang jadi dan bahan baku

Software manufaktur ialah software yang mengintegrasikan proses pembelian bahan baku, buatan, penjualan dan akuntansi dalam kesatuan sistem yang terpadu dan otomatis. Sistem manufaktur walaupun secara prinsip relatif sama akan namun dalam penerapannya ingin bervariasi. Fleksibilitas sofware manufaktur dan kehandalan implementator menjadi kunci suksesnya implementasi software manufaktur.

Software Manufaktur juga dapat digunakan untuk ratusan user dan data yang terintegrasi membuat penyampaian informasi tiap divisi menjadi mudah dan cepat. Kompleksitas organisasi di perusahaan dan kompleksitas transaksi harus dapat di tangani oleh software manufaktur tanpa meninggalkan integrasi antar unsur yang termasuk ke dalam transaksi, penghilangan repetisi input data, data yang terhubung ke seluruh bagian secara real time menjadi kunci efektifitas dan efesiensi proses buatan di perusahaan Anda .

Software manufaktur dapat mempermudah para pemakainya bekerja darimana saja dan kapan saja terutama bagi anda yang memiliki banyak cabang, gudang, dan pabrik sehingga anda dapat meningkatkan efesiensi dan produktifitas perusahaan anda.

Fitur umum Software manufaktur yang anda harus miliki :

  • Dapat diakses dimanapun dan kapanpun anda berada.
  • Hak akses setiap user dapat disesuaikan dengan divisi dan kebutuhan mereka. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kesalahan data
  • Fitur yang sesuai dengan kebutuhan manufaktur anda dan laporan-laporan yang siap membantu dalam menganalisa perusahaan anda
  • Mengontrol biaya operational serta pengeluaran perusahaan anda. sehingga tidak ada lagi penyalagunaan dana
  • User-friendly dan mudah dioperasikan
  • Sistem notifikasi yang dapat menjadi pengingat bagi anda serta menjadi asisten dalam bisnis anda
  • Memiliki Support tutorial online , forum online , training , konsultasi , problem solving dapat secara online.

Software manufaktur dapat dengan mudah membantu anda dalam menjalankan bisnis manufaktur. Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recommended Posts
Top Pengendalian InternFrozen Food