Usaha Import dan Tantangan Dalam Menjalankan

 In All Categories

Usaha import ialah salah satu usaha yang dapat memberikan Anda deviden besar. Namun, menjadi pengusaha importir pun tidak mudah, Anda membutuhkan modal yang lumayan besar. Kenapa? Karena Anda mesti mempunyai stok barang yang cukup tidak sedikit untuk mengawali dan mengembangkan bisnis tersebut. Selain hal tersebut ada sejumlah tantangan usaha import yang mesti Anda ketahui.

Tantangan Usaha Import Dalam Perdagangan Internasional

Tantangan pada tingkat operasional bisnis bisa diterjemahkan dengan risiko-risiko bisnis dan perniagaan ekspor-impor. Memang ekspor bisa memperbesar margin dan penjualan/pangsa pasar, tetapi, sebagaimana sifat bisnis, perniagaan internasional berisi risiko. Dalam perdagangan dilangsungkan antara paling tidak eksportir dan importir yang beroperasi di negara-negara yang mempunyai perbedaan hukum, sosial budaya, kebiasaan, ekonomi. Kurangnya pemahaman mengenai perbedaan latar belakang ekonomi, hukum dan sosial kebiasaan dapat menambah risiko perdagangan.

Perbedaan bahasa dan kebiasaan juga bisa menghambat terjalinnya transaksi perdagangan. Sebagaimana anda ketahui, pencapaian kesepakatan untuk mengerjakan transaksi membutuhkan pendekatan dan negosiasi yang melibatkan kedua belah pihak dengan latar belakang kebiasaan dan bahasa yang berbeda.

Fluktuasi harga dan kurs devisa yang dominan terhadap finansial dan ekonomi negara contohnya berisi risiko tidak hanya untuk negara namun juga untuk perusahaan dalam mengerjakan transaksi perdagangan. Depresiasi atau melemahnya mata uang Rupiah contohnya dapat memunculkan risiko kerugian di pihak eksportir bila eksportir tidak dapat melakukan proyeksi dan mengerjakan perlindungan diri dari risiko nilai tukar sepertihalnya hedging atau swap secara tepat dan hati-hati.

Sebenarnya masih tidak sedikit risiko dalam pekerjaan perdagangan ekspor-impor dan telah dibicarakan dalam buku-buku perniagaan internasional atau ekspor-impor. Risiko-risiko dapat terjadi dalam pekerjaan perdagangan ekspor-impor yang mencakup negosiasi/komunikasi bisnis, dokumentasi, transaksi pembayaran, pengiriman/penerimaan barang via transportasi laut (shipment) maupun transportasi udara dan bobot barang.

Tips yang harus Anda pahami sebelum memulai usaha import

Di Indonesia, satu perusahaan hanya dapat mempunyai 1 izin usaha guna 1 kelompok produk. Anda mesti membina badan usaha lain guna produk beda yang berada di kelompok berbeda. Solusi lain, dengan Anda dapat membina perusahaan beda sebagai anak perusahaan dari perusahaan utama.

The Harmonized Commodity Description atau Harmonized System (HS), adalah sistem klasifikasi produk. HS ialah dasar tarif bea cukai impor negara yang berubah setiap sejumlah tahun. Sistem ini pun adalah tahapan urgen yang mesti Anda konsultasikan sebelum menilai klasifikasi produk anda, pajak impor, atau batasan lainnya.

Setelah berlalu dari pengklasifikasian produk, dan perlu memeriksa Kumpulan Negatif Investasi dengan meluangkan kode HS atau pemaparan produk anda, tergantung pada bidang bisnis Anda dan mematuhi seluruh persyaratannya.

  • Daftarkan usaha import Anda

Setelah Anda memenuhi persyaratan modal minimum untuk membina perusahaan, yaitu sejumlah USD 250.000, Anda bisa menemukan persetujuan guna mendapatkan izin bisnis dan memproses pendirian PT PMA anda.

Secara hukum, Anda harus menunaikan 25% sebagai modal minimum dari rencana investasi total sebesar USD 1 juta sebagai persyaratan guna dapat meregistrasi sebagai PT PMA. Tetapi, pada kenyataanya, dengan melulu menyerahkan surat pengakuan dari notaris saja sudah lumayan untuk proses pencatatan perusahaan.

  • Lisensi produk usaha import anda

Menteri perniagaan Indonesia bertugas guna meyakinkan bahwa produk impor di Indonesia mempunyai kualitas yang bagus. Setelah Anda selesai menggolongkan produk Anda menurut susunan yang berlaku di Harmonized System (HS), Anda perlu meyakinkan bahwa tidak terdapat larangan yang ada pada produk anda. Jika ada larangan yang memberi batas produk usaha import anda, maka Anda perlu secepatnya meregistrasi lisensi ekstra yang sesuai.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam menjalankan bisnis import anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top Marketing MixTempat Strategis