Transaksi Non-Tunai Dan Keuntungannya

 In All Categories

Di era digital seperti kini ini, dan dengan menjamurnya bisnis ecommerce di Indonesia, Transaksi non-tunai seperti kartu debit, kartu kredit, e-money, pembayaran online maupun kredit online menjadi pilihan pembayaran selain pembayaran tunia. Sebelumnya, banyak orang yang tidak percaya dan meragukan pada cara pembayaran ini. Namun sekarang, seiring berkembangnya teknologi produk finansial, banyak orang mulai beralih ke transaksi non-tunai karena dirasakan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan transaksi tunai.

Lalu kenapa transaksi non-tunai lebih menguntungkan?

  • Transaksi non-tunai lebih aman

Dengan mobilitas anda yang semakin tinggi, membawa uang tunai untuk masing-masing transaksi jelas bukan opsi yang efektif. Membawa duit tunai dengan jumlah besar ketika bepergian memiliki resiko yang besar. Kejadian tidak diinginkan seperti pencopetan bisa saja terjadi dan hal tersebut sulit untuk dilacak. Sedangkan jika anda menggunakan transaksi non-tunai, seperti ATM dan aplikasi smartphone, pemakai harus memasukkan password yang hanya diketahui oleh si pemilik akun.

  • Transaksi non-tunai memiliki banyak pilihan

Transaksi non-tunai memiliki banyak pilihan, seperti kartu debit, kartu kredit, pembayaran online, ataupun kredit online. Anda dapat memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan anda, mana yang sangat aman dan nyaman untuk dipakai saat bertransaksi.

Jenis-jenis Transaksi non-tunai

  • Transfer Bank

Sebuah media pembayaran yang paling tidak banyak digunakan dalam transaksi online karena Cepat dan mudah. jenis transkasi ini Sangat unggul sebab tidak mengenal jarak antara penjual dan pembeli. Namun diperlukan kepercayaan yang kuat antara penjual dan pembeli sebelum bertransaksi sebab kemungkinan terjadinya penipuan pada jenis transaksi ini sangat besar.

  • Rekening Bersama

Jenis transaksi non-tunai dengan rekening bareng adalah jasa pembayaran yang independen dan netral antara penjual dan pembeli. Langkahnya ialah pembeli memesan ke penjual, selanjutnya pembeli melakukan pembayaran pada penyedia tabungan bersama. Sesudah barang diterima dengan benar, jasa rekening bersama mengirim dananya ke penjual. Cara ini muncul sebab banyaknya penipuan dalam bertransaksi online. Metode ini bisa menjadi salah satu cara paling aman dalam bertransaksi.

  • Credit Card (Kartu Kredit)

Jenis transaksi melalui kartu kredit ini seringkali digunakan oleh perusahaan yang telah besar dan seringkali melakukan transaksi secara international. Tentu saja, anda akan menyesuaikannya dengan mata uang yang anda gunakan sesuai dengan kurs yang berlaku saat itu.

  •  e-Currency (Mata Uang Elektronik)

Paypal, OVO, GoPay, Dana merupakan sejumlah aplikasi penyedia e-Currency atau e-Payment yang sedang populer saat ini. Prinsip kerjanya sama dengan internet banking yang disediakan oleh bank pada umumnya. Transfer nominal dapat dilakukan secara instant dan realtime. Dan beberapa E-commerse mulai menyediakan pembayaran dengan e-Currency untuk mempermudah penggunakan dalam bertransaksi.

  • Voucher atau Gift Card

Media pembayaran ini disediakan oleh penyedia produk langsung. iTunes dari Apple dan Google Play dari Google ialah salah satu perusahaan besar yang memakai metode ini. mereka memakai Gift Card yang dikonversi menjadi nominal dan anda sudah bisa melakukan pembelian yang anda inginkan.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam mengontrol metode pembayaran yang anda gunakan di setiap transaksi anda ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda

Recent Posts
Top Perencanaan FinansialKebutuhan Pelanggan