Mudah Kelola Keuangan dengan Software Akuntansi UMKM

 In Akuntansi, Keuangan
Software Akuntansi UMKM

Kemajuan zaman berpengaruh pada berbagai aspek, sehingga Anda dapat lebih dimudahkan dalam berbagai hal. Salah satunya dengan hadirnya software akuntansi UMKM yang dapat membantu mengelola pencatatan transaksi setiap usaha.

Terdapat banyak pilihan software akuntansi UMKM yang dapat Anda pilih, baik itu gratis maupun berbayar. Namun sebelum memilih software apa yang akan digunakan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis software akuntansi UMKM.

4 Jenis Software Akuntansi UMKM

Software Akuntansi UMKM

Software akuntansi adalah program khusus yang dibuat untuk menampung terjadinya berbagai transaksi di perusahaan dan dibuat jurnal akuntansi, dan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan secara otomatis.

Hal ini dapat bertujuan untuk menekan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan yang disebabkan karena human error. Berdasarkan jenisnya, software akuntansi memiliki empat jenis, yaitu:

  1. Enterprise Resource Planning atau ERP

Jenis software akuntansi UMKM pertama yang dapat Anda pilih, yaitu ERP. Bagi para pelaku bisnis, software ERP sesuai dengan perusahaan besar yang memiliki alur kerja dan transaksi yang banyak.

Hal tersebut dikarenakan, software jenis ini memiliki informasi data yang dapat terintegrasi ke dalam satu database dengan mudah. Penggunaan ERP juga mampu meminimalisir permasalahan yang sering terjadi pada perusahaan.

  1. Database

Software jenis selanjutnya juga dapat digunakan oleh perusahaan besar, karena dapat mempermudah manajemen keuangan, membantu mengerjakan tugas yang kompleks, dan segala hal yang berkaitan dengan akuntansi yang rumit. 

Umumnya menggunakan software jenis database membutuhkan system engineer serta konsultan agar dapat menjalankan software ini. 

Salah satu keuntungannya, perusahaan dapat menyimpan data dengan lebih aman melalui jenis ini.

  1. Cloud

Selanjutnya, jenis cloud dapat Anda gunakan secara online. Sehingga Anda dapat mengakses seluruh data perusahaan dari manapun, kapanpun, dan dimanapun melalui bantuan jaringan internet.

Bagi Anda yang memiliki usaha startup ataupun bisnis kecil, menggunakan software dengan jenis cloud adalah pilihan yang tepat. 

Melalui software cloud, Anda dapat menghubungkan perusahaan dengan rekening bank secara online.

  1. Terinstal

Jenis keempat adalah software terinstal, yang cocok digunakan jika Anda sedang berada di lokasi yang memiliki jaringan internet terbatas. 

Bagi Anda yang memiliki bisnis UMKM, jenis ini terbilang mudah untuk digunakan para akuntan bisnis.

Namun terdapat kekurangan jika Anda memilih menggunakan jenis ini, contohnya seperti Anda tidak dapat sharing data ke departemen lain untuk melakukan kolaborasi. 

Saat ini Anda telah mengetahui empat jenis software akuntansi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. 

Agar Anda dan tim perusahaan dapat menggunakan software ini dengan tepat, ketahui beberapa fitur wajib yang tersedia di dalamnya, antara lain:

3 Fitur Wajib dalam Software Akuntansi UMKM

Berikut ini software akuntansi UMKM yang umum digunakan oleh para pemilik bisnis.

  1. Laporan Keuangan

Karena salah satu tujuan dari adanya software akuntansi, yaitu untuk menjadi tempat berkumpulnya segala transaksi keuangan perusahaan. Maka fitur laporan keuangan wajib tersedia di software ini.

Melalui fitur ini, seluruh laporan yang berkaitan dengan transaksi atau kondisi keuangan perusahaan Anda dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan otomatis. 

Karena fitur laporan keuangan dapat mengolah data menjadi laporan secara real time.

  1. Purchasing

Kegiatan pembelian akan selalu terjadi dalam sebuah bisnis. Pada fitur ini, Anda dapat melihat keterangan dan laporan transaksi, pembuatan faktur, dan retur yang berkaitan dengan transaksi pembelian yang telah dilakukan perusahaan.

Keuntungan dari fitur purchasing ini, yaitu Anda dapat mengatur apa saja yang belum, sudah, dan harus dibeli, serta waktu membayar dan berbagai hal lainnya secara rapi dan tepat.

  1. Budgeting

Setiap perusahaan memiliki kegiatan rutin yang wajib dilakukan, yaitu mengatur keuangan. 

Perusahaan akan menghitung kebutuhan yang harus dilakukan perusahaan setiap satu bulan ke depan dengan membuat rancangan biaya anggaran.

Melalui fitur budgeting, Perusahaan dapat membuat anggaran bersisa dan tak bersisa, anggaran laba rugi, dan berbagai lain untuk menyesuaikan kegiatan pada bisnis Anda.Menggunakan software akuntansi UMKM terpercaya dari Keysoft, yaitu MAI Accounting dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai kinerja dan hasil yang optimal. Kunjungi laman MAI Accounting atau WhatsApp +62822-7991-2005 untuk melakukan pemesanan kebutuhan software akuntansi UMKM.

Recent Posts
Aplikasi Akuntansi
Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami