Sistem Akuntansi Dan Teknik Dalam Menarik Investor

 In All Categories

Biasanya semua investor bakal merasa ragu berkolaborasi dengan perusahaan andai melihat Sistem Akuntansi yang masih minim dan belum stabil. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu situasi kesehatan finansial perusahaan Anda. Artinya tidak minim dan tidak bakal mengalami dekadensi untuk kedepannya.

Bagi investor, memerhatikan angka-angka yang ada di dalam laporan keuangan ialah hal wajib. Di samping untuk memahami kinerja sistem akuntansi  perusahaan, laporan keuangan pun memberikan cerminan manajemen finansial serta bagaimana sistem perusahaan berjalan. Di bawah ini bakal disampaikan mengenai teknik investor menilai bisnis lewat laporan keuangannya.

  • Memahami Komponen Neraca

Neraca ialah laporan finansial yang menggambarkan bagaimana posisi finansial suatu perusahaan. Neraca finansial terdiri dari aktiva (aset), kewajiban (utang), serta ekuitas (modal). Aktiva atau disebut aset dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang perusahaan miliki. Sedangkan pasiva (kewajiban dan ekuitas) dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang perusahaan kerjakan untuk menemukan atau mengongkosi aset. Aktiva dipecah menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Kewajiban (utang) dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang mesti dibayarkan oleh perusahaan. Kewajiban terdiri dari dua yakni kewajiban lancar dan tidak lancar. Di samping itu, pahami pula apa yang dimaksud ekuitas perusahaan.

  • Memahami Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi dapat didefinisikan sebagai ringkasan dari kegiatan perusahaan di periode tertentu. Laporan ini mencerminkan hasil bersih (laba) atau kerugian yang timbul (rugi) dari seluruh jenis pekerjaan bisnis yang dilaksanakan oleh perusahaan.

  • Memahami Laporan Ekuitas

Secara sederhana definisi ekuitas dapat diartikan sebagai besarnya hak ataupun kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan. Istilah ekuitas berasal dari kata equity/ equity of ownership yang berarti kekayaan bersih perusahaan. Sebuah laporan perubahan ekuitas berisi cerminan angka-angka yang mengindikasikan perubahan dengan cerminan peningkatan atau pun penurunan dari aktiva bersih termasuk pun dari kekayaan sekitar periode tertentu dimana laporan dilakukan

  • Memahami Laporan Arus Kas

Laporan ini mencerminkan tentang penerimaan serta pengeluaran kas sebuah perusahaan sekitar periode tertentu. Laporan Arus Kas lalu dikelompokkan ke dalam tiga unsur yakni kegiatan operasi, investasi, serta pendanaan. Dari Laporan Arus Kas ini, investor dapat mengetahui apakah perusahaan yang bakal didanai lumayan atau tidak untuk dapat membagi dividen. Di samping itu, laporan ini pun menerangkan mengenai apa yang sebetulnya terjadi pada perusahaan tersebut. Dari laporan arus kas ini dapat diketahui bahwa meski perusahaan merasakan kerugian, ia masih dapat hidup andai arus kas mengindikasikan angka positif. Sebagai tambahan, investor dapat melihat free cash flow (arus kas operasional yang dikurangi capital expenditure). Suatu perusahaan yang mempunyai pertumbuhan free cash flow maka dapat diputuskan perusahaan itu mempunyai prospek yang bagus baik kini maupun masa depan. Ini sebab perusahaan itu masih mempunyai uang yang lumayan untuk mengerjakan ekspansi.

Hal Penting Lainnya yang Perlu Diperhatikan Dalam Sistem Akuntansi

Setiap laporan finansial akan memberikan cerminan yang jelas mengenai perusahaan secara umum, ikhtisar kebijakan sistem akuntansi serta keterangan dari pos-pos laporan finansial perusahaan termasuk  informasi urgen yang lainnya. Hanya saja, laporan ini bakal menjadi tidak berarti tanpa mengetahui aspek rasio di dalamnya.

Adapun jenis aspek rasio yang perlu dicerna adalah :

– Current Ratio

– Debt to Equity Ratio

– Quick Ratio

– Total Debt to Total Asset

– Net Profit Margin

– Operating Profit Margin

– Return on Asset (ROA)

– Return on Equity (ROE)

– Asset Turnover

– Inventory Turnover

– Receivable Turnover

– Earning Per Share (EPS)

– Account Payable Turnover

– Book Value (Nilai Buku Saham)

– Price Earning Ratio (PER)

– Price to Book Value (PBV)

Dari semua ulasan ini, dapat dipastikan andai keberadaan suatu laporan keuangan ialah salah satu hal penting yang mesti diperhatikan oleh perusahaan bila hendak mengetahui usahanya sendiri maupun minat calon investor. Sebuah laporan finansial yang baik, pastinya tidak melulu sekedar menyematkan angka-angka didalamnya. Namun  harus memiliki kecocokan dengan standar sistem akuntansi yang sudah diterima secara umum.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat mengelola sistem akuntansi anda dengan cepat dan mudah ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda

Recent Posts
Top Webinar