Segmentasi Pasar Dan Cara Menganalisanya

 In All Categories

Segmentasi pasar ialah proses pengelompokkan target pelanggan menjadi kelompok-kelompok segmentasi yang bertolak belakang dengan hal pengelompokkan tertentu. Pelanggan-pelanggan yang mempunyai karakteristik-karakteristik tertentu akan berada dalam satu kelompok yang sama.

Sebelum menjual produk pada bisnis yang dijalankan, ada baiknya perlu memahami tipe-tipe segmentasi pasar yang ada pada saat ini, berikut ini tipenya:

  • Segmentasi Lokasi

Tipe segmentasi tempat ini barangkali paling banyak diterapkan di Indonesia. Contohnya jika target utama anda ialah negara Indonesia, maka perusahaan seringkali akan membina perusahaan yang tempatnya berada di Indonesia. Tujuannya ialah agar perusahaan dapat lebih dekat dengan konsumen sampai-sampai pengeluaran ongkos semua dapat ditekan lebih murah.

  • Segmentasi Waktu

Segmentasi ini memang jarang digunakan, tetapi seringkali pada waktu-waktu tertentu segmentasi ini dapat diterapkan. Contohnya jasa fotografi akan laku ketika musim wisuda, penjaja baju akan kebanjiran pesanan ketika mendekati Idul Fitri, dan sebagainya.

  • Segmentasi Harga

Dengan memakai segmentasi harga, Anda bisa lebih mudah mempertimbangkan mengenai kekuatan ekonomi dari calon konsumen yang Anda tentunya berbeda-beda. Bisa dengan melakukan pembelian dengan harga tinggi, ada pun yang juga mampu melakukan pembelian dengan harga yang rendah. Apabila memang segmentasi pasarnya luas, Anda dapat menerapkan harga pada masing-masing produk mulai dari harga rendah, menengah, dan tinggi yang bisa diterima semua kalangan.

  • Segmentasi Demografi

Jenis kelamin, usia, dan pendapatan adalah variabel yang banyak digunakan pada segmentasi demografi. Karena dapat jadi produk yang dipasarkan hanya sesuai untuk laki-laki, sementara untuk wanita memilih produk yang berbeda. Ada lagi produk yang hanya diutamakan kepada orang dewasa saja, hingga anda harus mengerjakan segmentasi demografi ini dengan teliti agar tidak salah sasaran.

Cara menilai segmentasi pasar

Setelah mengenal macam-macam segmentasi pasar, penting untuk Anda untuk memahami bagaimana teknik menilai segmentasi pasar. Berikut ini ialah langkah-langkah efektif dalam menilai segmentasi pasar yang sesuai untuk usaha Anda :

  • Menentukkan target market

Anda memiliki siapa saja yang masuk ke segmen yang sama. Pastikan seluruh orang dalam segmen itu mempunyai hal yang serupa, seperti Laki-laki dan wanita tidak dapat digabung sebab kebutuhan serta ekspektasi keduanya bertolak belakang satu sama lain. Agar semakin mempersempit target market, sebaiknya Anda mengelompokkannya menjadi subgroup untuk hasil yang lebih efektif dan akurat.

Anda juga dapat menamai segmentasi yang anda buat agar Anda bisa dengan mudah mengimplementasikan strategi di masing-masing segmentasi pasar yang Anda bikin sebelumnya.

  • Tentukan ekspektasi dari segmentasi pasar

Bila sudah ditentukan target marketnya, Anda m kerjakan selanjutnya ialah mencari tahu keperluan target market Anda, kemudian cocokkan dengan kelebihan produk Anda. Penting untuk Anda untuk mengingat ulang keperluan serta ketertarikan target market Anda dimasing-masing segmen dan sub-segmen. Bila terdapat yang tidak cocok, sesuaikan kembali analisa anda.

  • Tentukan strategi pemasaran

Setiap segmen tentu punya strategi pemasaran yang berbeda-beda. Anda tidak dapat menggunakan strategi yang sama terhadap segmen pasar yang berbeda. Pastikan terdapat hubungan antara produk dengan target pasar.

  • Review respon target pasar

Secara rutin, review ulang kelaziman dan respon pasar terhadap strategi pemasaran Anda. Pelajari ulang apa yang salah serta ikuti alurnya. Jangan melulu berdiam dengan satu strategi pemasaran saja.

Sangat penting untuk anda memahami besar target market Anda. Kumpulkan data-data seperti ketertarikan target market Anda. Data-data ini akan bermanfaat untuk perencanaan dan prakiraan penjualan di masa depan.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam mempersiapkan strategi pemasaran untuk segmentasi yang anda buat dengan mudah dan cepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top Keluhan PelangganPerencanaan Finansial