Merancang Rencana Pemasaran

 In Marketing

Setiap pebisnis harus merancang rencana pemasaran atau biasa disebut dengan marketing plan dengan sejelas dan serealitas mungkin. Kita semua tahu bahwa aktivitas pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak didahului dengan perencanaan yang matang. Realistis tidaknya rencana pemasaran tergantung pada hasil riset pasar yang sebelumnya telah anda siapkan. Jadi ada beberapa hal dalam marketing plan yang harus anda perhatikan.

1. Membuat Ringkasan
Membuat ringkasan yang berisi tentang sasaran dan rekomendasi yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan

2. Situasi Pasar Saat ini
Anda perlu mendeskripsikan situasi pasar yang anda targetkan dan posisi perusahaan anda di dalamnya. Informasi yang bisa anda deskripsikan diantaranya seperti situasi pasar, kinerja produk, kompetisi, dan distribusi.

3. Analisis Peluang dan Kompetisi
Pada bagian ini, anda menulis hasil penilaian tentang peluang dan ancaman yang harus diantisipasi.

4. Tujuan dan Cara Mencapainya
Tentukan target dan tujuan yang jelas dan realistis, misalnya meningkatkan market share 10% tahun ini. Tuliskan cara bagaimana mencapai tujuan itu? Contoh dengan membuka lebih banyak gerai, memperbanyak aktivitas promosi online atau mengadakan kegiatan bersama para pelanggan.

5. Strategi Pemasaran
Uraikan semua strategi anda secara jelas dan spesifik. Berangkat dari proses anda menciptakan customer value, menentukan target market, positioning dan biaya pemasaran, hingga membangun relasi dengan pelanggan. Strategi ini juga harus menjelaskan bagaimana anda bisa menghadapi situasi krisis dan kerasnya kompetisi.

6. Menentukan Anggaran
Anggaran pemasaran yang detail dan akurat bisa memproyeksikan laba atau rugi, dengan menunjukan perkiraan pendapatan dan biaya produksi, distribusi dan pemasaran.

7. Kontrol dan Monitoring
Tuliskan garis besar cara anda mengontrol proses pemasaran sehingga bisa berjalan dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Pepatah lama mengatakan bahwa strategi tanpa eksekusi hanyalah isapan jempol. Banyak rencana yang sebenarnya telah disusun secara rapi tidak berjalan dengan baik. Untuk itulah kita perlu memastikan marketing plan berjalan dengan baik.

Perusahaan anda membutuhkan software akuntansi dalam merancang rencana keuangan ? Keysoft Accoutning merupakan pilihan yang tepat. Jika membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai software akuntansi Keysoft, anda dapat segera menghubungi kami.

Recent Posts
Top Review Vlog