Mengenal Istilah Mutasi dan Promosi dalam Perusahaan

 In All Categories

Kesempatan menempati jabatan menjadi persoalan tersendiri yang dihadapi oleh seorang pegawai. Sebagian pegawai mendapatkan peluang yang baik dalam menemukan jabatan, tetapi sebagian pegawai lainnya tidak cukup mendapatkan kesempatan. Pegawai negeri maupun swasta dalam menempati jabatan tergantung dari kepangkatan dan pun masalah prestasi kerja mereka. Berikut akan menjabarkan tentang perbedaan antara istilah mutasi dengan promosi yang seringkali tidak lepas dari istilah kepegawaian.

Mutasi Jabatan

Istilah Mutasi ialah kegiatan mengalihkan tenaga kerja dari satu lokasi tenaga kerja ke lokasi kerja lain. Namun mutasi tidak selamanya sama dengan pemindahan. Mutasi meliputi pekerjaan memindahkan tenaga kerja, pengoperan tanggung jawab, pemindahan kedudukan ketenagakerjaan, dan sejenisnya. Adapun pemindahan hanya terbatas pada memindahkan tenaga kerja dari satu lokasi ke lokasi lain.

Istilah mutasi dapat bermakna dua yaitu ruang lingkup mutasi yang vertikal promosi dan demosi. Promosi ialah bentuk apresiasi bila seseorang mempunyai kinerja diatas standar organisasi dan berperilaku sangan baik yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan karir. Dengan demikian mereka yang mendapat promosi akan mendapat tugas, wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar. Sementara demosi adalah tindakan penalti dalam penurunan pangkat atau dengan pangkat tetap namun sebagian tunjangan tidak diberikan. Hal ini dilaksanakan pimpinan bila seseorang yang walaupun sudah ikut pelatihan dan pembinaan personal tetapi tetap saja bekerja dengan kinerja jauh di bawah standar organisasi dan berkelakuan tidak baik.

Tujuan Mutasi pada dasarnya mutasi tergolong dalam pengembangan karyawan sebab tujuannya merupakan:

1. Untuk menambah produktifitas kerja karyawan

2. Menciptakan ekuilibrium antara tenaga kerja dengan komponen kegiatan atau jabatan

3. Memperluas atau meningkatkan pengetahuan karyawan

4. Menghilangkan rasa bosan/ jemu terhadap kegiatan

5. Untuk menyerahkan perangsang supaya karyawan berupaya menambah karier yang lebih tinggi

6. Untuk pengamalan hukuman /sanksi atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukannya

7. Untuk menyerahkan pengakuan dan imbalan terhadap prestasinya

8. Untuk perangkat pendorong supaya spirit kerja meningkat melewati persaingan tersingkap

9. Untuk perbuatan pengamanan yang lebih baik

10. Menyesuaikan kegiatan dengan kondisi jasmani karyawan

11. Untuk menanggulangi perselisihan antara sesama karyawan

Promosi Jabatan

Istilah promosi ialah penghargaan dengan eskalasi jabatan dalam sebuah organisasi ataupun instansi baik dalam pemerintahan maupun non pemerintah (swasta). Hal berikut yang tidak sedikit diusahakan oleh kalangan pekerja supaya bias menjadi lebih baik dari jabatan yang sebelumnya ia jabat. Dan juga demi penambahan dalam kedudukan sosial.

Istilah promosi merupakan peluang untuk berkembang dan maju yang bisa mendorong karyawan guna lebih baik atau lebih energik dalam mengerjakan suatu kegiatan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan.

Dengan adanya target promosi, tentu karyawan bakal merasa dihargai, diperhatikan, diperlukan dan dinyatakan kemampuan kerjanya oleh manajemen perusahaan sampai-sampai mereka bakal menghasilkan keluaran (output) yang tinggi serta bakal mempertinggi loyalitas (kesetiaan) pada perusahaan. Oleh sebab itu, pimpinan mesti menyadari pentingnya promosi dalam penambahan produktivitas yang mesti dipertimbangkan secara objektif. Jika pimpinan sudah menyadari dan mempertimbangkan, maka perusahaan bakal terhindar dari masalah-masalah yang menghambat penambahan keluaran dan bisa merugikan perusahaan seperti: ketidakpuasan karyawan, Adanya keluhan, tidak adanya motivasi kerja, menurunnya disiplin kerja, tingkat absensi yang tinggi atau bahkan masalah-masalah pemogokan kerja.

Manfaat Promosi Jabatan baik untuk perusahaan maupun karyawan, antara lain seperti :

1. Promosi bisa memungkinkan perusahaan memanfaatkan keterampilan karyawan guna memperluas usahanya.

2. Promosi bisa mendorong tercapainya kinerja karyawan yang baik. Karyawan lazimnya berupaya mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin andai mereka percaya bahwa kinerja tinggi mengarah pada adanya promosi.

3. Terdapat korelasi signifikan antara peluang untuk eskalasi pangkat dan tingkat kepuasan kerja.

Anda sedang mencari software akuntansi yang membantu anda dalam memantau karyawan anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top