Mengecek Kualitas Barang Untuk Kepuasan Pelanggan
Mengecek kualitas barang oleh seorang quality control atau QC ialah hal yang urgen karena dapat menjamin kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, tentu akan terjadi sesuatu yang lebih baik guna bisnis Anda di masa mendatang. Pelanggan bakal menjadi loyal, penghasilan meningkat, kelangsungan bisnis terjamin, dan perusahaan Anda jadi lebih unggul di tengah persaingan. Quality Control ini akan memastikan barang yang akan diperoleh pelanggan adalah barang dengan kualitas terbaik. Apabila ada hal yang tidak cocok atau dengan makna kata lain barang itu mempunyai kualitas yang tidak cukup baik, maka bakal ditindaklanjuti cocok dengan kesepakatan atau aturan yang ada.
Kualitas produk ditentukan oleh tiga hal :
- Kegunaan dari suatu produk
Dengan mempertimbangkan guna apakah barang yang bakal di buatan dengan tujuan untuk mengisi kepuasan konsumen dengan mempertimbangkan mutu sebuah produk.
- Tampilan produk
Salah satu urusan yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih produk yang berkualitas ialah dengan melihat bentuk dari fisiknya atau brand. Oleh karena itu tidak sedikit konsumen yang berpikir bahwa dengan melakukan pembelian barang yang telah jelas brand nya, maka jelas dan terjamin pula kualitas produk tersebut.
- Biaya
Konsumen mempertimbangkan ongkos dalam memilih dan mempertimbangkan kualitas sebuah produk. Hal yang dipercayai konsumen sejauh ini ialah barang yang mahal memiliki kualitas produk yang baik, demikian sebaliknya. Maka manajemen produk sangat diperlukan dalam memilih dan memilah kepuasan konsumen terhadap produk-produknya dengan tidak meminimalisir keuntungan yang ingin dijangkau terhadap sebuah produk.
Mengecek kualitas barang juga berbeda tergantung bergerak di bidang apakah suatu perusahaan yang bersangkutan. Sebagai misal untuk perusahaan yang bergerak di bidang media. Maka pemeriksaan yang dilakukan ialah tentang kualitas isi berita yang bakal diterbitkan dimana berita itu haruslah akurat, konsisten, memastikan kualitas cetak dan cocok dengan brand media tersebut. Tentu pemeriksaan ini akan bertolak belakang dengan industry garment dimana di industry ini bakal lebih mementingkan mengenai kualitas produk garment yang diciptakan seperti bahan, warna, ukuran, kerapihan jahitan dan lain-lain.
Pentingnya pemeriksaan kualitas barang di samping untuk memastikan kepuasan pelanggan ialah untuk mempermudah pelanggan mendapat keuntungan dengan teknik yang fleksibel. Di samping itu, urusan ini juga dapat menjamin suatu perusahaan bakal mendapatkan keuntungan yang besar, khususnya dalam jangka masa-masa yang panjang.
Di bawah ini merupakan sejumlah contoh lain tentang pentingnya pemeriksaan kualitas barang guna kepuasan pelanggan:
• Membuat bisnis Anda menang dalam berlomba dengan competitor. Bisnis apapun tentu mempunyai competitor yang seringkali juga menjalankan bisnis di bidang yang sama. Dengan memastikan kualitas produk maka pelanggan bakal puas dengan pelayanan Anda dan bakal lebih memilih memakai produk atau jasa Anda dibandingkan memakai milik pesaing.
• Kualitas barang atau jasa yang baik bakal mengusung reputasi perusahaan.
Mengecek kualitas barang dalam bentuk sebuah produk yang dapat dilihat barangkali akan tidak mudah. Lantas, bagaimana dengan jasa? Apa saja yang perlu untuk dicek? Ada sejumlah hal yang usahakan diacuhkan dalam rangka mengawal kualitas jasa yang ditawarkan. Hal urusan itu antara lain ialah bukti fisik, keandalan dalam hal menyerahkan layanan, daya tangkap atau responsiveness karyawan yang melayani pelanggan, garansi berupa asuransi atau pelayanan ramah dan sopan yang dilaksanakan karyawan, empati sampai kemudahan dalam mengerjakan komunikasi. Itulah sejumlah hal yang mengindikasikan pentingnya pemeriksaan kualitas barang untuk kepuasan pelanggan. Dengan menyimak kepuasan pelanggan, maka akan semakin mudah sebuah usaha memenangkan persaingan dan terus bertahan.
Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam Quality Control persediaan anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.