Marketing Mix, Apakah itu ?

 In All Categories

Marketing mix ialah strategi pemasaran yang bisa menilai kesuksesan perusahaan dalam memburu profit secara maksimal dengan teknik meningkatkan jumlah pelanggan dan menambah hasil penjualan sebab menggunakan seluruh alat atau perangkat pemasaran dalam suatu perusahaan yang tergabung dalam konsep 7P, yakni products, price, promotions, place, partisipant, process, dan physical evidence.  Berikut ulasan mengenai Marketing Mix yang dapat Anda smak lebih lanjut.

Konsep Marketing Mix

Jika berkata tentang ranah marketing, terdapat di antara konsep umum yang mesti diketahui oleh masing-masing pebisnis yaitu konsep Marketing 4 P. Apakah maksudnya? Marketing 4 P yaitu konsep marketing yang berfokus pada 4 hal yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Keempat urusan itu harus menjadi bahan pertimbangan utama dalam merangkai bagaimana nantinya anda akan mengerjakan pemasaran. Namun dengan perkembangan suasana pasar yang sudah paling dinamis ketika ini mengakibatkan konsep 4 P itu dirasa sudah tidak cukup efekif. Oleh sebab itu tidak sedikit pengamat yang merasa butuh ditambahkannya poin lain dalam konsep tersebut.

  • Aspek Produk (Product)

Yang dimaksud dengan produk ialah hal yang anda jual dalam bisnis mencakup barang atau jasa yang mempunyai nilai untuk dan diperlukan oleh konsumen. Kunci utama dari suatu produk yaitu barang atau jasa itu harus bisa memenuhi keperluan atau kemauan konsumen.

Di samping itu, dibutuhkan juga nilai lebih dibanding produk lain supaya produk anda lebih gampang diterima konsumen.

  • Aspek Harga (Price)

Harga adalah uang yang mesti diserahkan konsumen guna mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga menjadi aspek yang paling penting sebab umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli.

Mengingat sifatnya yang paling fleksibel, maka ada  baiknya selalu mengikuti dinamika pasar supaya bisa memutuskan harga pada level yang tepat. Dimana harga tetap dapat diterima masyarakat namun pun tetap menghasilkan keuntungan.

  • Aspek Tempat (Place)

Tempat usaha merupakan tempat dimana anda akan mengerjakan proses jual beli. Untuk usaha konvensional aspek ini memang paling penting. Anda mesti menyimak apakah tempat tersebut lumayan strategis dan gampang dikunjungi konsumen.

Namun dengan kian berkembangnya bisnis canggih seperti bisnis online, sekarang pengertian aspek lokasi kian disesusaikan dengan media yang digunakan.

  • Aspek Promosi (Promotion)

Promosi ialah kegiatan bisnis yang memiliki tujuan supaya konsumen dapat lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis Anda. Dalam pekerjaan ini, Anda mesti dapat mengganti presepsi konsumen menjadi positif tentang bisnis Anda.

Untuk melakukannya banyak sekali kiat promosi baik secara manual lewat face to face promotion sampai promosi online yang sekarang semakin pesat berkembang.

  • Aspek Proses (Process)

Dalam bisnis, proses dapat ditafsirkan sebagai langkah-langkah yang dilaksanakan antara penjaja dan konsumen. Di dalamnya mencakup pelayanan serta proses transaksi. Berikan empiris pelayanan yang memuaskan untuk konsumen lewat sekian banyak teknik supaya merekapun merasa puas.

  • Aspek Orang (People)

Yang tergolong dalam aspek ini pasti saja tidak saja konsumen tetapi semua SDM yang tercebur termasuk pekerja atau tim bisnis. Hal ini paling penting diacuhkan mengingat semau orang tentunya memiliki kecenderungan yang bertolak belakang dalam dunia bisnis.

Memberikan perhatian yang baik pada orang yang tercebur dalam bisnis Anda, adalah langkah mula yang paling baik.

  • Aspek Bukti Fisik (Physical Evidence)

Physical evidence adalah semua yang berbentuk perlengkapan atau perlengkapan yang dipakai untuk menyokong berjalannya bisnis kita. Utamanya guna bisnis skala besar, maka pastinya saja memerlukan tidak sedikit peralatan. Mengingat seluruh aspek dalam konsep Marketing Mix saling sehubungan satu sama lain, maka Anda mesti menjalankannya secara beriringan serta proporsional.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat mendukung konsep Marketing Mix ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top BarcodeUsaha Import