5 Manfaat Software Akuntansi untuk Pabrik

 In Akuntansi, Keuangan

Manfaat software akuntansi untuk pabrik – Sejak dulu pemilik bisnis menyadari bahwa pencatatan biaya operasional bisnis menjadi hal yang sangat penting karena dengan adanya catatan biaya operasional, catatan itu bisa dikirim kepada pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam mengelola anggaran bulan depan.

Maka dari itu, penggunaan software akuntansi saat ini sudah menjadi bagian vital dalam aktivitas keseharian pabrik. Hal ini dikarenakan pemilik bisnis telah menyadari bahwa pencatatan anggaran secara manual akan menghambat mereka dalam mengelola anggaran secara efisien dan jika hal ini diteruskan bisa merugikan pabrik itu sendiri.

Jika saat ini anda sedang mempertimbangankan untuk mengotomatiskan pencatatan anggaran di pabrik anda dengan menggunakan software akuntansi, ada baiknya anda mengetahui apa maksud dari software akuntansi itu sendiri.

Apa itu software akuntansi?

Software akuntansi atau sistem akuntansi merupakan perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk keperluan pengelolaan akun dan penyederhanaan operasional keuangan dalam suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

Saat ini terdapat dua jenis software akuntansi yaitu software akuntansi sederhana yang berupa program entri tunggal sederhana dan software akuntansi yang lebih canggih.

Software akuntansi sederhana berfungsi untuk menyimpan data individu, sedangkan software akuntansi yang lebih canggih berfungsi untuk mengelola utang, piutang, gaji, buku besar, faktur, beban, dan aset organisasi.

Manfaat Software Akuntansi Untuk Pabrik

Software akuntansi memang lebih unggul dibandingkan pencatatan manual sehingga anda harus menganggap software akuntansi ini sebagai aset pabrik anda sendiri. Selain itu, masih ada manfaat lainnya yang bisa anda dapat dengan software akuntansi ini kepada kelangsungan pabrik anda. Berikut manfaatnya:

1.Memastikan financial control agar lebih baik

Software akuntansi bisa membantu anda dalam mengontrol keuangan secara otomatis. Jadi, kalau anda sendiri kurang ahli dalam akuntansi, maka anda tidak perlu khawatir karena software akuntansi akan mengerjakannya semua untuk anda.

Walaupun begitu, anda mungkin mau mendapat sedikit pelatihan tentang pengelolaan operasional akuntansi sehingga anda tidak perlu lagi membayar kepada pihak ketiga.

2. Meningkatkan akurasi pencatatan

Pencatatan manual sering mengalami human error yang bisa membahayakan pabrik karena bisa saja, akuntan yang melakukannya memiliki ketelitian yang kurang yang menyebabkan ketidakakuratan dalam laporan keuangan.

Oleh karena itu kalau anda sendiri ingin laporan keuangannya lebih akurat, maka software akuntansi bisa meminimalisir human error ini.

Sedang mencari Software Akuntansi? Gunakan Accurate Accounting Software dengan klik disini.

3. Menghemat biaya pabrik

Menariknya lagi, software akuntansi dapat mengotomatiskan perhitungan pokok dan prosedur administrasi sehingga anda tidak perlu lagi melakukan outsourcing manajemen keuangan kepada pihak eksternal.

Selain itu, software akuntansi juga bisa mengurangi pengeluaran biaya yang biasanya dilakukan secara manual seperti pencetakan dan pemberian dokumentasi karena semua data telah disimpan secara digital sehingga cocok sekali bagi anda yang sedang mencari cara untuk menghemat biaya dalam jangka panjang.

4. Mempermudah pengambilan keputusan

Inilah tujuan utama kenapa software akuntansi menjadi sangat penting untuk kelangsungan pabrik karena jika anda melakukan pencatatan secara manual, anda akan mengalami kesulitan dalam memahai secara rinci tentang keuangan anda.

Software akuntansi dapat memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan anda saat ini dengan menampilkan angka yang membantu anda dalam menentukan pemotongan mana yang perlu dilakukan dan investasi mana yang harus lebih anda perhatikan.

Software ERP dengan harga terjangkau? Cek selengkapnya disini.

5. Meningkatkan keamanan keuangan

Data keuangan merupakan sesuatu yang harus dijaga agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Untungnya, software akuntansi bisa memastikan keamanan keuangan anda karena software akuntansi akan menyimpan datanya ke dalam sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall sehingga hanya akan memberi akses kepada pihak tertentu saja.

 Manfaat software akuntansi untuk perusahaan pabrik yang paling utama adalah meminimalisir human error ataupun kesalahan perhitungan dalam laporan keungan. Software yang dapat anda gunakan adalah accurate dan juga keysoft. Accurate hanya software akuntansi yang membantu masalah akuntansi anda. Sedangkan Keysoft adalah Software ERP yang mempunyai banyak fitur termasuk akuntansi yang akan membantu aktivitas bisnis anda. Jangan khawatir karna kedua software mempunyai harga terjangkau.

Ingin mengetahu lebih lanjut ataupun konsultasi dengan kami? Silahkan klik disini.

Recommended Posts
Top Software Manufaktur