Kenapa Harus Ada Target Penjualan ?

 In All Categories

Secara umum, targetting dimengerti sebagai proses pemilihan pasar yang bakal dituju oleh suatu perusahaan, terutama dalam kaitannya dengan produk maupun layanannnya.Targetting atau target penjualan menjadi mendasar sebagai unsur dari proses penetapan sasaran pasar. Setiap kegiatan marketing dan penjualan paling perlu memutuskan target jualan. Target ini bakal menjadi acuan guna penetapan susunan strategi jualan yang bakal Anda gunakan.

Ada dua alasan utama kenapa perusahaan perlu mengerjakan targeting. Pertama, pelanggan tersebut beragam baik itu dalam karakter, perilaku, maupun kebutuhan. Sebab itu, butuh diklasifikasikan menurut keterangan dari karakter, perilaku, maupun keperluan yang sama. Kedua, perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen. Sumber daya perusahaan terbatas untuk dapat ditawarkan untuk semua pasar. Dengan mengerjakan targetting, perusahaan dapat memilah alokasi sumber daya yang pas dan tepat ke pasar yang pas dan tepat pula.

Menetapkan target jualan memiliki sejumlah kegunaan urgen untuk semua pebisnis. Target jualan butuh ditetapkan supaya pebisnis mempunyai kerangka kerja dan acuan untuk masing-masing strategi yang ditetapkan. Target jualan paling penting diputuskan sehingga pebisnis memiliki cerminan strategi jualan apa saja yang bakal diambil. Setelah memiliki target jualan diinginkan pebisnis pun terpacu untuk memburu target itu dan bahkan dapat melampauinya.

Tips Bagi Pebisnis

  1. Pada saat mula tetapkan target tidak boleh terlalu tinggi, sebab pada saat Anda belum memahami tren penjualan.
  2. Target jualan perlu bertambah secara bertahap, ini adalah salah satu indikator perkembangan bisnis.
  3. Lakukan pantauan dari proses jalannya penjualan, bandingkan kembali dengan target jualan.
  4. Taruh target jualan di lokasi yang gampang terlihat sampai-sampai jadi pemicu motivasi pebisnis.

Jenis Target Penjualan

Target penjualan tidak melulu berkata tentang target duit yang berkeinginan dicapai. Ada sejumlah hal yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Target Penjualan Dalam Jumlah Barang dan Rupiah

Dalam masing-masing usaha, seorang pengusaha tentu mempunyai harapan supaya barang dan jasa yang dijualnya laku. Jenis target ini seringkali menghitung kesuksesan seorang sales dari banyaknya barang yang sukses ia jual atau banyaknya rupiah yang sukses didapatkan. Jika penghasilan yang sales peroleh dapat memenuhi atau justru melebihi target penjualan, maka sales dianggap sukses memenuhi target tersebut. Sebaliknya, apabila sales gagal memasarkan produk pada jumlah atau rupiah tertentu, maka sales dirasakan gagal mengisi target penjualan.

  1. Target Prosentase (%) Distribusi Dari tiap Produk ke Outlet

Target penjualan pun dapat dicerna sebagai target perusahaan dalam menyalurkan produk dari pabrik ke outlet. Jika persentase permintaan barang ke suatu outlet naik, berarti target tersebut telah tercapai. Di samping itu, target jenis ini bisa pula dikatakan sukses jika persentase jumlah outlet yang menjadi penyalur bertambah.

  1. Target Promosi

Beberapa konsumen bakal tertarik melakukan pembelian produk Anda andai ia sudah terpengaruh secara langsung melewati promosi. Bentuk promosi ini tentunya berbagai jenis, dapat melalui media sosial, iklan di radio/ televisi/koran, atau dapat juga melulu melalui word of mouth. Jika jumlah engagement yang terjalin melewati promosi mengisi target tertentu, maka urusan ini bisa pula dinamakan sebagai terpenuhinya target. Demikian ulasan tentang target penjualan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Perusahaan anda membutuhkan program untuk membantu menentukan target penjualan secara tepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda. 

Recent Posts
Top