Kebutuhan Pelanggan dan cara Menganalisa

 In All Categories

Kebutuhan Pelanggan – Pelanggan merupakan bagian yang paling penting terhadap sebuah bisnis. Pelanggan memiliki peranan yang tak bisa diragukan lagi dapat menentukan lancar atau tidaknya sebuah perusahaan. Karena itulah, di tengah persaingan yang semakin ketat, sangat penting untuk memenangkan hati pelanggan dimana salah satunya adalah dengan cara menjadi peka dengan kebutuhan mereka. Jasa atau produk yang kita buat seharusnya bisa menjadi solusi untuk banyak orang sehingga secara otomatis pelanggan akan lebih memilih produk atau jasa yang kita buat.

Namun, bagaimana caranya agar kita bisa lebih peka terhadap kebutuhan pelanggan yang mungkin berganti setiap waktu nya?

  • Menjadi Peka Terhadap Masalah = Peka Terhadap Peluang

Anda harus tahu bahwa masalah adalah sebuah peluang untuk bisnis. Karena itulah, peka terhadap setiap masalah atau issue yang terjadi di tengah masyarakat dapat menjadi kunci utama kesuksesan seorang pengusaha. Cobalah untuk berada di tengah tengah pelanggan atau lebih terbuka terhadap setiap informasi. Ketika banyak orang yang mengeluhkan masalah pada satu hal yang khusus atau spesifik, maka disitulah akan muncul peluang serta pasar yang besar.

  • Ketahui Karakter Pelanggan

Ketika kita membuka sebuah bisnis atau usaha, tentu saja kita sudah memiliki target pelanggan yang akan kita menjadi konsumen. Ketika anda sudah dapat mengidentifikasi calon calon pelanggan atau konsumen tersebut, maka segeralah cari tahu tentang karakter dari kelompok konsumen tersebut. Hal ini akan membuatanda lebih mudah untuk tahu mengapa kelompok tertentu membeli sebuah produk dan apa yang akan membuatnya kembali untuk menggunakan produk tersebut.

  • Buatlah Hipotesis

Dengan membuat hipotesis maka anda dapat menentukan langkah selanjutnya yang bisa anda ambil agar anda bisa membuat strategi terbaik dalam menawarkan jasa atau produk. Sesuaikan strategi yang akan anda buat dengan karakter kelompok pelanggan. Misalnya saja apabila target anda adalah mereka yang senang berlibur, tawarkan jika membeli produk anda maka liburan mereka akan lebih menyenangkan, dan lain sebagainya.

  • Segera Lakukan eksekusi!

Setelah membuat hipotesis untuk menjaring banyak konsumen, segera lakukan rencana yang anda buat. Ada sebaiknya membuat secara rinci strategi promosi yang akan anda gunakan sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk tahu kesuksesan dari setiap strategi yang anda jalankan. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu detail biaya yang dibutuhkan dalam setiap strategi promosi.

Selanjutnya adalah lakukan analisa secara mendalam berhubungan dengan keberhasilan strategi promosi yang dijalankan tersebut. Yang menarik adalah, anda pun dapat menentukan harga yang berbeda kepada pelanggan. Ini berarti anda bisa membuat uji coba dengan memberikan diskon pada beberapa produk untuk mengetahui seberapa jauh konsumen akan tertarik terhadap sebuah produk. Setiap data yang masuk pada anda dapat menjadi kunci untuk kesuksesan di masa datang.

  • Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Di dalam bisnis, keberadaan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena pelanggan adalah sumber pendapatan sebuah perusahaan. Karena itu, tantangan anda bukan hanya untuk mendatangkan sebanyak banyaknya konsumen, namun juga membuat mereka menjadi loyal. Oleh karena itu, sebaiknya selalu jalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda untuk menjalankan bisnis dengan mudah dan cepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top Transaksi Non-TunaiAnggaran Persediaan