Frozen Food Dan Tips Dalam Memulainya

 In All Categories, Bisnis, Tips

Salah satu produk kuliner yang kini semakin banyak dikembangkan dan dijual ialah bentuk makanan beku atau yang sering disebut Frozen Food. Alasan karena semakin banyak berkembang dan disukai oleh konsumen ialah dari sisi kepraktisan ketika akan diolah. Selain hal tersebut, umumnya makanan jenis ini juga dapat dikreasikan menjadi beragam jenis menu yang tentunya cocok dengan selera konsumen.

Inilah yang mengakibatkan permintaan produk frozen food semakin meningkat. Para pengusaha dituntut untuk mengembangkan produk dan layanan yang memuaskan supaya tidak kalah saing dengan pengusaha lain.

Inilah sejumlah panduan sukses jika Anda hendak menjalankan usaha frozen food:

  • Tentukan Produk yang akan Anda jual.

Langkah awal yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis frozen food ialah memilih dulu produk yang akan anda jual. Mengapa hal ini penting? Memilih produk yang akan dibuat atau jual akan menentukan tahapan yang tepat untuk mempromosikan barang yang dijual. Ini pun akan memudahkan Anda dalam menjual makanan frozen dalam bentuk siap makan. Misalnya menjual ragam makanan dan jajanan bakar.

  • Memperhitungan Modal

Frozen food membutuhkan freezer dan perangkat packaging yang anti udara. Jika Anda tidak punya modal yang cukup, anda dapat mengajukan pinjaman ke bank. Banyak program yang ditujukan untuk pebisnis pemula, contohnya Kredit Usaha Rakyat BRI atau Mitra Usaha Mandiri.

  • Metode Pemasaran

Pikirkan cara pemasaran yang akan Anda lakukan juga, seperti cara Anda akan memperkenalkan produk. Bisa saja dengan mulut ke mulut Atau memperluas usaha menggunakan sistem online

  • Gunakan Social Media.

Selanjutnya Anda juga dapat memperbesar usaha anda menggunakan sistem online. Kelebihan dari frozen food ialah dapat tahan lebih dari satu hari. Jadi Anda bisa memasarkan produk dengan target lokal kota/ kabupaten dengan menggunakan sosial media seperti Facebook maupun instagram untuk menarik pelanggan.

  • Dapatkan Lisensi Makanan

Jika Anda hendak memperlebar usaha maka dapatkan lisensi makanan sebaik mungkin. Izin makanan dapat diurus ke dinas perindutrian setempat atau di Pangan Industri Rumah Tangga ( PIRT ). Untuk Frozen food seperti daging, anda harus mengurus lisensi makanan di BPOM.

  • Memperluas Networking dan Teman

Anda dapat mencari komunitas frozen food dan mencoba menawarkannya. Dengan menyebarkannya ke target yang tepat, usaha anda akan makin banyak yang tahu. Anda juga dapat menawarkan frozen foods ke swalayan atau supermarket dimana banyak orang memerlukan frozen foods.

Selain itu sebaiknya Anda perhatikan pula mengenai sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum membuka frozen food rumahan yaitu:

  1. Pelajari dengan cermat bagaimana teknik membuat produk frozen food dan tentukan jenis yang hendak Anda jual
  2. Gunakanlah bahan baku yang bermutu baik. Walaupun harga jual menjadi lebih tinggi, penting untuk memastikan kualitas dan kepuasan pelanggan.
  3. Buatlah brand  yang menarik dan mudah diingat dan memiliki ciri khas tersendiri serta tidak boleh serupa dengan brand fyang lain.
  4. Selalu mengikuti tren terbaru dan mengerjakan inovasi supaya produk yang dijual tidak monoton.

Untuk memulai usaha Frozen food, anda membutuhkan software akuntansi yang tepat untuk menjalankan usaha anda. Grasindo Inti Utama menawarkan software terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Konsultasikan Kebutuhkan anda segera!

Recent Posts
Top Iklan Di FacebookBrand