Format Laporan Keuangan Perusahaan Lengkap dan Sederhana
Format laporan keuangan perusahaan merupakan laporan untuk menunjukan kondisi finansial dan entitas pada periode tertentu. Laporan tersebut akan digunakan sebagai acuan yang akan dibutuhkan untuk proses evaluasi perusahaan ke depan. Proses audit dan pengelompokan data tersebut akan lebih mudah jika menggunakan software terigrentasi yang lebih cepat dan akurat.
MAI Accounting merupakan software asisten bisnis untuk mengambil keputusan, tanpa perlu membuang waktu untuk mencari, memilah, dan mengelompokkan data secara manual. Kelola setiap cabang perusahaan Anda dengan MAI Accounting, dan dapatkan kemudahan dalam pengelolaan laporan keuangan perusahaan secara real-time di dalam satu platform terpusat.
5 Format Laporan Keuangan yang Lengkap dan Sederhana untuk Anda Coba
Laporan keuangan merupakan salah satu komponen vital yang ada dalam pengelolaan finansial bisnis perusahaan. Setidaknya ada 4 format laporan keuangan dalam bisnis perusahaan, mulai dari laporan keuangan kas, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan neraca. Pengelolaan laporan keuangan yang baik, maka akan berimbas baik pula pada perusahaan.
Walaupun tergolong krusial, tidak sedikit pula para pelaku bisnis yang merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap step by step yang dibutuhkan dalam membuat laporan. Sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini sebagai contoh pembuatan laporan keuangan sederhana.
- Buat Catatan (Pemasukan & Pengeluaran)
Laporan keuangan perlu disusun secara valid dan berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Oleh karena itu, laporan keuangan perlu dicatat secara detail, dan harus sesuai dengan data aslinya. Catatan data yang dimaksud adalah pengeluaran dan pemasukan sejak awal proses transaksi, hingga akhir transaksi selama periode waktu tertentu.
- Upload Catatan Jurnal ke Buku Besar
Setelah mencatat jurnal pemasukan dan pengeluaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload jurnal ke dalam buku besar. Buku besar merupakan sebuah rincian dari setiap catatan yang ada. Tidak sulit untuk melakukan hal ini, karena Anda hanya perlu memindahkan transaksi yang sudah tercatat ke dalam software atau program yang sudah disepakati.
- Menyusun Neraca Saldo
Setelah semua catatan jurnal terupload ke dalam buku besar, Langkah selanjutnya adalah penyusunan penyusunan neraca saldo. Neraca saldo merupakan daftar rekening buku besar dengan saldo debit dan kredit. Daftar-daftar rekening pada buku besar tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam kelompok aktiva dan kelompok pasiva.
- Pengumpulan Data untuk Membuat Penyesuaian
Pengumpulan data penyesuaian dibutuhkan untuk mengecek beberapa transaksi yang mungkin belum tercatat, atau transaksi yang terjadi di akhir-akhir pembuatan laporan keuangan. Dan kemungkinan masih ada yang belum sesuai dengan keadaan periode akhir bulanan. Sehingga perlu dikumpulkan dan dibuatkan jurnal penyesuaian.
- Menyusun Neraca Lajur
Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan, maka perlu diadakan penyusunan neraca lajur atau kertas kerja. Yang dimulai dari data di neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang telah diperoleh dari tahap sebelumnya, yakni jurnal penyesuaian. Saldo yang telah disesuaikan secara otomatis akan terlihat pada kolom neraca, dan akan dilaporkan dan dalam bentuk tabel.
- Pembuatan Laporan Keuangan
Dan proses terakhir adalah pembuatan laporan keuangan sesuai dengan alur dan urutan laporan yang telah dibuat di neraca lajur. Anda tinggal menulisnya kembali dengan rapi, sesuai dengan ketentuan standar laporan keuangan perusahaan. Missal laporan hasil laba bersih, laba rugi, dan persentase jumlah pemasukan seluruh keuangan.
Itulah beberapa cara membuat format laporan keuangan yang lengkap dan sederhana untuk kebutuhan laporan di akhir bulan perusahaan. Namun Anda bisa mencoba software asisten bisnis yang dapat mengambil keputusan, dan memiliki kemampuan untuk mencari, memilah, dan mengelompokkan data secara otomatis. Yakni hanya menggunakan software MAI Accounting.
MAI Accounting dapat memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan, terutama membuat laporan secara real-time dan terpusat pada satu platform. Dengan menggunakan MAI Accounting, pembuatan format laporan keuangan sudah bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik. Segera gunakan MAI Accounting untuk kebutuhan laporan keuangan perusahaan Anda.