Follow Up Customer, Pentingkah ?

 In All Categories

Follow up ialah tindak lanjut anda terhadap semua calon pembeli produk yang telah mendapatkan informasi tentang bisnis atau produk yang dipasarkan lewat link affiliate.  Follow up juga dapat berarti tindak lanjut terhadap member affiliate/ reseller Anda guna mengajari mereka bagaimana dapat sama suksesnya seperti Anda. Jadi pengertiannya tergantung dari sudut mana anda memandang.

Follow up yang biasa digunakan ialah melalui sms, telpon ataupun email. Sebelum mengerjakan follow up ada sejumlah persiapan yang mesti dilaksanakan oleh semua marketer yakni memahami secara spesifik tentang apa yang diperlukan oleh potensial pelanggan dan poin apa yang akan dipakai untuk ditawarkan pada mereka. Sudah tahukah Anda bagaimana mengerjakan follow up yang sukses?

4 poin yang perlu diacuhkan dalam follow up, yakni:

  1. Biarkan pelanggan potensial Anda memahami siapa Anda dan bagaimana menghubungi mereka
  2. Hal yang bagus saat Anda menuliskan tentang percakapan sebelumnya. Ini menolong pelanggan potensial mengidentifikasi Anda dari beberapa penawaran yang masuk pada mereka.
  3. Pastikan pelanggan potensial Anda memahami bahwa Anda menawarkan penyelesaian terbaik guna mereka
  4. Lakukan urutan sebagai berikut, telepon – email – telepon (untuk meyakinkan keputusan akhir)

Praktek yang sederhana ialah dengan menanyakan berpulang pada calon partner usaha atau calon konsumen mengenai presentasi pengenalan bisnis atau produk yang telah dilaksanakan sebelumnya. Tujuannya supaya mendapatkan jawaban langsung dari calon konsumen, apa tanggapan serta jawaban mereka dari kesempatan usaha atau produk yang sudah dipresentasikan. Follow up yang biasa digunakan ialah melalui telepon, sms atau email. Sebelum mengerjakan, ada sejumlah hal yang perlu diacuhkan oleh semua pelaku bisnis, yakni memahami secara spesifik tentang apa yang diperlukan oleh potensial partner usaha atau potensial pelanggan dan poin apa yang akan dipakai untuk ditawarkan pada mereka.

Beberapa alasan kenapa follow up penting untuk dikerjakan dalam bisnis:

  • Mengingatkan Prospek / Customer

Dengan follow up maka dapat pulang mengingatkan prospek/ customer dengan apa yang telah ditawarkan, melewati landing page atau sales page, pada saat sebelum prospek memasukkan nama dan email mereka pertama kali. Dengan menyerahkan informasi sejelas-jelasnya supaya calon pelanggan benar-benar paham dengan prduk yang telah ditawarkan.

  • Menjalin Hubungan Baik

Follow up menjadi teknik terbaik guna menjalin hubungan baik dengan prospek/ calon pelanggan potensial anda. Karena pembeli tidak saja sekedar melakukan pembelian produk yang dijual, namun lebih dari itu. Mereka hendak mengenal lebih dekat lagi ke depannya ketika menawarkan sebuah produk yang baru lagi, mereka bakal yakin dan percaya dengan anda. Dalam urusan ini Anda bisa memakai blog atau website guna menjalin hubungan dengan calon konsumen anda.

  • Update Informasi Terbaru

Melalui follow up maka bisa menyerahkan informasi teranyar seputar internet marketing, dan juga dapat berikan konten-konten berupa tips, trik, testimoni dan lain-lain. Sekaligus Anda juga dapat berjualan melewati sosial media serta situs atau blog anda.

  • Meningkatkan Penghasilan

Semakin tidak sedikit calon pelanggan yang Anda follow up, maka bakal semakin tidak sedikit juga pasar potensial yang dapat saja terjadi. Dengan begitu pendapatan pun bakal semakin meningkat sesuai dengan penjualan yang semakin meningkat.

  • Bisnis Jangka Panjang

Salah satu kunci guna menciptakan supaya bisnis terus berlangsung dalam jangka panjang ialah dengan mempunyai data calon pelanggan potensial dan pasar potensial untuk mengerjakan penawaran. Semakin tidak sedikit data calon pelanggan, maka bisnis yang Anda jalankan bakal semakin berkembang.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam mengelola customer dan prospek anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top MengecekDistribusi