Distribusi dan Pemasaran yang efektif

 In All Categories

Perencanaan distribusi ialah  pembuatan keputusan sistematik yang sehubungan dengan pergerakan fisik dan transfer kepemilikan produk dari produsen ke konsumen. Memiliki usaha di bidang makanan yang terus berkembang dari masa ke masa adalah tujuan utama dari masing-masing pelaku bisnis kuliner. Salah satu hal penyebab lambat atau cepatnya pertumbuhan bisnis Anda sangat diprovokasi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Untuk menemukan hasil pemasaran yang optimal, maka Anda perlu merangkai strategi yang efektif.

Untuk mengalirkan barang-barang dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir dibutuhkan penetapan tingkat mata rantai saluran distribusi yang di tempuh. Dengan demikian bisa memperlancar penjualan, tingkat deviden modal dan lainnya.

Faktor-faktor yang merupakan kegiatan dalam marketing yang memegang peranan guna dapat berlomba di pasar meliputi:

  1. Harga produk
  2. Mutu dari produk
  3. Promosi
  4. Kebijakan saluran distribusi dan sebagainya.

Lakukan Analisa SWOT

  • Kekuatan (Strenghts)
  1. Produk menarik makanan apa yang bakal Anda ciptakan.
  2. Apakah Anda mempunyai standarisasi produk.
  3. Apakah teknologi yang Anda pakai untuk menghasilkan produk yang berbobot dan berkualitas lebih baik dari pesaing.
  4. Apakah Anda mempunyai sistem teknologi informasi yang cepat dan akurat?
  5. Apakah Anda mempunyai sumber daya manusia yang handal?
  6. Apakah Anda mempunyai referensi sumber bahan baku yang berbobot dan berkualitas dengan harga yang murah?
  7. Apakah Anda dapat menjual produk lebih baik daripada pesaing?
  8. Apakah Anda dapat melakukan efisiensi ongkos di seluruh lini departemen usaha?
  • Kelemahan (Weaknesses)

Sebaiknya jajaki dan selidiki apakah pesaing Anda mengerjakan sesuatu yang lebih baik, dan apakah Anda dapat memperbaikinya, atau bahkah dapat lebih baik daripada mereka.

  • Peluang (Opportunities)
  1. Kenali produk makanan apa yang sedang menjadi tren ketika ini.
  2. Ketahui kesempatan jenis produk makanan tertentu yang dapat Anda kembangkan.
  3. Manfaatkan kesempatan pasar yang belum dimanfaatkan oleh pesaing.
  • Ancaman (Threats)
  1. Kenali manajemen dan teknologi yang Anda pakai apakah telah mempunyai standarisasi dan bisa beradaptasi dengan peradaban zaman atau belum.
  2. Apakah kemampuan keuangan Anda telah dapat menunjang seluruh kegiatan bisnis yang Anda rencanakan.

Integrasikan Marketing Mix

Memadukan beberapa elemen urgen dari pemasaran sampai menjadi sebuah kesatuan yang bisa Anda kendalikan dalam rangka menambah penjualan, yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi.

Bisnis kuliner merasakan persaingan yang cukup ketat. Mereka yang dapat menghasilkan produk yang berkualitas, harga bersaing, saluran distributif efektif, dan strategi pemasaran yang handal saja yang dapat meraih konsumen.

Pilih Media Promosi yang Tepat

Memasuki peradaban era digitalisasi, strategi pemasaran yang efektif mulai merambah ke bidang social media. Banyak social media yang dapat Anda pakai secara gratis. Pilihlah yang cocok dengan bisnis kuliner yang dijalani. Misalnya, andai bergerak di bidang makanan sehat, barangkali usaha kuliner Anda dapat bergabung dengan banyaknya grup-grup diet di sekian banyak social media, atau jika Anda menjadi penyedia jasa makanan eksklusif anak dan bayi, maka Anda dapat bergabung di grup parenting. Dengan memilih media promosi yang tepat, maka pemasaran bisnis Anda bakal efektif dan menghemat biaya.

Aplikasikan Pelayanan yang Optimal

Memiliki konsumen yang loyal ialah sebuah keuntungan untuk bisnis kuliner Anda. Ciptakan hubungan yang harmonis dengan seluruh konsumen yang anda miliki. Biasakanlah guna menjalin hubungan melewati newsletter atau email dengan konsumen Anda. Buatlah drainase terbuka guna menampung aspirasi mereka mengenai produk dan layanan. Sekali waktu, kirimlah promosi untuk mengenalkan varian produk makanan baru untuk pelanggan untuk dicoba. Dengan mempunyai interaksi yang baik terhadap pelanggan, bisnis kuliner Anda telah menjalin hubungan harmonis sebagai suatu strategi marketing.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam kegiatan distribusi dan marketing dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top Follow UpSelisih Kurs Mata Uang