Dampak Miskomunikasi Dalam Internal Kantor

 In All Categories

Dalam dunia kerja nyaris tidak dapat terlepas dengan yang namanya konflik dan miskomunikasi. Bisa di katakan, bahwa konflik adalah sebuah takdir yang di hadapi oleh manusia. Sebenarnya, tidak  manusia saja yang merasakan konflik masing-masing kehidupannya, fauna dan tumbuhan pun mempunyai urusan yang sama. Namun, kedua kedua makhluk hidup tersebut dua-duanya sering tercebur konflik atau miskomunikasi dalam memperebutkan ruang hidup atau memperebutkan makanan. Adapun dampak kekeliruan komunikasi dalam internal kantor ialah sebagai berikut:

  • Kesalahan dalam memutuskan keputusan

Keputusan dalam lingkungan kerja ditentukan oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang menyerahkan arahan yang baik dapat menyerahkan keputusan yang baik pula. Pemimpin akan menunjukkan karyawannya dalam komunikasi yang berbentuk verbal maupun non verbal. Namun, komunikasi yang salah atau miskomunikasi  dominan pada kekeliruan dalam memutuskan keputusan.

  • Kesalahan dalam mengembangkan strategi perencanaan

Dampak ini terfokus pada tujuan dari perusahaan. Komunikasi yang efektif dapat mempermudah pemimpin dalam mengucapkan strategi perencanaan terhadap karyawannya. Komunikasi berperan untuk menyatakan visi dan tujuan pada perusahaan. Kesalahan dalam mengembangkan strategi perencanaan terjadi bilamana komunikasi yang dikatakan tidak jelas. Hal ini memunculkan penurunan kinerja kerja karyawan. Karyawan menjadi tidak bisa bekerja dengan maksimal, sampai-sampai tidak dapat menjangkau tujuan yang sudah ditetapkan.

  • Mengabaikan masalah etis

Seorang pemimpin tidak jarang kali miskomunikasi danmelalaikan msalah etis ketika bertukar pikiran dalam suatu tim. Ketika karyawan mempunyai peluang untuk bertanya, seringkali pemimpin hanya menanggapi tidak banyak lalu mengabaikannya. Masalah etis dirasakan suatu urusan yang biasa saja. Padahal biasanya menjadi pengaruh yang dominan terhadap pekerjaan perusahaan.

  • Kesalahan dalam evaluasi

Kesalahan dalam penilaian merupakan akibat selanjutnya dalam kekeliruan komunikasi. Pemimpin yang tidak cukup memberikan tanggapan sempurna terhadap karyawan menimbulkan kekeliruan dalam proses evaluasi. Kesalahan penilaian ini menimbulkan kekeliruan penilaian dalam kinerja karyawan, kemudian dominan pada turunnya motivasi karyawan ketika bekerja.

  • Kurang feedback

Seorang manager atau pemimpin seringkali kurang peka dalam menyerahkan umpan balik atau feedback yang cepat untuk karyawannya. Ketika terdapat tanggapan dari karyawan tentang pekerjaannya, seorang pemimpin ingin hanya menanggapi seadanya yang berarti umpan balik yang diserahkan tidak efektif. Kesalahan dalam komunikasi berikut yang dominan terhadap kinerja karyawan dalam suatu perusahaan.  

Dari kasus miskomunikasi di atas bisa di pecahkan atau ditamatkan dengan solusi seperti berikut:

•  Jalinlah komunikasi yang baik dengan sesama karyawan terlebih dahulu sampai jika terdapat informasi tidak hanya diterima oleh sejumlah karyawan saja tapi juga dengan semua kraywan dan informasi itu tidak simpag siur kebenarannya.

•  Membentuk sebuah system informasi yang terstruktur, supaya tidak terjadi kekeliruan dalam komunikasi. Misalnya, dengan menciptakan papan pengumungan atau pengumuman melewati loudspeaker.

•  Membuat komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, contohnya dengan menciptakan rapat rutin, sebab dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan meminimalisir masalah di lapangan sehingga tidak miskomunikasi lagi.

•  Beri pelatihan dalam urusan komunikasi untuk atasan dan karyawan, pelatihan akan menyerahkan pengetahuan dan ilmu baru untuk setiap pribadi dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam urusan komunikasi Biasanya masalah timbul sebab lingkungan yang tidak cukup kondusif di sebuah perusahaan. Misalnya, situasi cahaya yang kurang, atau sirkulasi yang tidak cukup baik, dan temperature ruangan yang tinggi sangat barangkali untuk menambah emosi seseorang, jadi situasi dari lingkungan pun harus di perhatikan.

Anda sedang mencari software akuntasi yang menyediakan informasi setiap divisi dengan real-time sehingga mengurangi terjadinya miskomunikasi ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda

Recent Posts
Top