Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Manfaatnya

 In All Categories

Apa yang dimaksud dengan Corporate Social Responsibility? CSR atau Corporate Social Responsibility ialah suatu perbuatan atau konsep yang dilaksanakan oleh perusahaan sebagai tanggung jawab mereka terhadap sosial atau lingkungan selama dimana perusahaan tersebut berada. Sedangkan pengertian CSR menurut keterangan dari World Business Council on Sustainable Development ialah komitmen dari bisnis/perusahaan guna berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya menambah kualitas hidup karyawan dan keluarganya.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah investasi jangka panjang yang bermanfaat untuk meminimalisasi risiko sosial, serta bermanfaat sebagai sarana menambah citra perusahaan di mata publik. Salah satu implementasi program CSR ialah dengan pengembangan atau pemberdayaan masyarakat (Community Development). Program CSR adalah investasi untuk perusahaan demi perkembangan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan tidak lagi dilihat sebagai sarana ongkos (cost centre)tetapi sebagai sarana meraih deviden (profit centre). Program CSR adalah komitmen perusahaan untuk menyokong terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi yang lain masyarakat mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi keuntungan-keuntungan hemat mempunyai komitmen moral guna mendistribusi keuntungan-keuntungannya membina masyarakat lokal, sebab seiring masa-masa masyarakat tak sebatas menuntut perusahaan untuk meluangkan barang dan jasa yang diperlukan, melainkan menuntut guna bertanggung jawab sosial.

Keuntungan Corporate Social Responsibility untuk perusahaan :

  • Layak Memperoleh sosial licence to operate

Masyarakat sekitar ialah komunitas utama perusahaan. Ketika mereka mendapatkan deviden dari perusahaan, maka dengan sendirinya mereka bakal merasa mempunyai perusahaan. Sehingga imbalan yang diberikan untuk perusahaan ialah keleluasaan guna menjalankan roda bisnisnya di area tersebut.

  • Mereduksi Resiko Bisnis Perusahaan

Mengelola resiko di tengah kompleksnya persoalan perusahaan adalah hal yang esensial guna suksesnya usaha. Disharmoni dengan stakeholders bakal menganggu kelancaran bisnis perusahaan. Bila telah terjadi permasalahan, maka ongkos untuk recovery bakal jauh lebih berlipat bila dikomparasikan dengan perkiraan untuk mengerjakan program Corporate Social Responsibility. Oleh sebab itu, pengamalan Corporate Social Responsibility sebagai tahapan preventif untuk menangkal memburuknya hubungan dengan stakeholders butuh mendapat perhatian.

  • Melebarkan Akses Sumber Daya

Track records yang baik dalam pengelolaan Corporate Social Responsibility merupakan kelebihan bersaing untuk perusahaan yang dapat menolong memuluskan jalan mengarah ke sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.

  • Membentangkan Akses Menuju Market

Investasi yang ditanamkan guna program Corporate Social Responsibility ini bisa menjadi tiket untuk perusahaan mengarah ke peluang yang lebih besar. Termasuk di dalamnya memupuk loyalitas konsumen dan menjebol pangsa pasar baru.

  • Mereduksi Biaya

Banyak misal penghematan ongkos yang dapat dilaksanakan dengan mengerjakan Corporate Social Responsibility. Misalnya: dengan mendaur ulang limbah pabrik menuju ke dalam proses produksi. Selain bisa menghemat ongkos produksi, pun membantu supaya limbah buangan ini menjadi lebih aman untuk lingkungan.

  • Memperbaiki Hubungan dengan Stakehoder

Implementasi Corporate Social Responsibility akan menolong menambah frekuensi komunikasi dengan stakeholder, dimana komunikasi ini bakal semakin meningkatkan trust stakeholders untuk perusahaan.

  • Memperbaiki Hubungan dengan Regulator

Perusahaan yang mengemban Corporate Social Responsibility lazimnya akan meringankan beban pemerintah sebagai regulator yang sebetulnya bertanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakat.

  • Meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan

Image perusahaan yang baik di mata stakeholders dan kontribusi positif yang diserahkan perusahaan untuk masyarakat serta lingkungan, akan memunculkan kebanggan tersendiri untuk karyawan yang bekerja dalam perusahaan mereka sehingga menambah motivasi kerja mereka.

  • Peluang Mendapatkan Penghargaan

Banyaknya penghargaan atau reward yang diserahkan kepada pelaku Corporate Social Responsibility sekarang, akan meningkatkan kans untuk perusahaan guna mendapatkan award.

Untuk itu, dibutuhkan software akuntansi yang dapat membantu anda dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility dengan mudah. Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top