Anggaran Persediaan dan Perhitungannya

 In All Categories

Anggaran Persediaan – Di dalam sebuah usaha, persediaan merupakan istilah yang dikenal dengan nama Inventory atau stock barang jadi. Sesuai dengan namanya, ini merupakan persediaan dari produk yang sudah siap untuk dijual dan sudah lengkap, namun masih disimpan rapi sebagai stock di dalam gudang dan belum dijual. Karena itulah, stock barang jadi ini juga memiliki anggarannya sendiri sehingga perusahaan dapat tetap menjalankan bisnisnya dengan lancar.

Anggaran untuk persediaan atau barang barang jadi ini dapat dikembangkan setelah anda menghitung beberapa hal seperti biaya tenaga kerja, biaya pokok bahan baku, dan juga biaya overhead perusahaan yang biasanya dibutuhkan untuk memproduksi sebuah barang atau produk perusahaan. M

Kini pertanyaannya adalah, bagaimana cara untuk menghitung anggaran persediaan barang jadi untuk sebuah perusahaan? Menghitungnya memang tidak mudah, namun dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini, maka akan lebih mudah untuk anda menghitung biaya anggaran tersebut dengan baik.

Tips Menghitung Anggaran Persediaan Perusahaan

Menghitung anggaran persediaan barang jadi untuk sebuah perusahaan tentu membutuhkan penggunaan rumus matematika. Namun, rumus ini cukup sederhana sehingga anda tak perlu khawatir. Anggaran persediaan ini dapat disesuaikan dengan catatan produksi sebuah perusahaan sehingga nantinya dapat diselesaikan. Intinya adalah, barang jadi merupakan jumlah barang yang anda miliki pada awal periode. Kemudian, ini akan ditambah dengan barang manufaktur di sepanjang periode dan akan dikurangi dengan biaya produksi setiap unit barang yang sudah dijual selama periode tersebut.

Agar anda lebih mudah dalam memahami membuat anggaan persediaan ini, berikut adalah gambaran rumus untuk menghitungnya:

“Persediaan Barang Jadi Awal + Harga Pokok Produksi  – Harga Pokok Penjualan”

Dengan rumus mudah tersebut, maka membuat anggaran persediaan akan semakin mudah pula.

Pentingnya Menghitung Anggaran Persediaan

Menghitung anggaran persediaan atau biaya persediaan barang jadi merupakan proses yang sangat penting untuk menghitung rasio persediaan. Meskipun hal ini membutuhkan waktu, pikiran, dan tenaga lebih, namun pada akhirnya hal tersebut akan memudahkan anda untuk memahami setiap nilai barang yang ada di dalam anggaran inventaris milik anda. Cara ini pula yang akan membantu diri anda untuk bisa menilai bisnis untuk penjualan serta sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk membuat proyeksi potensi laba terhadap asumsi penjualan dari persediaan produk yang sudah jadi.

Manfaat penghitungan perusahaan ini secara khusus dapat melakukan penghitungan dari anggaran barang jadi yang dapat digunakan untuk mempengaruhi laju dari produksi barang baru. Tentu hal ini penting karena jika persediaan barang terlalu banyak dan melebihi tingkat penjualan, maka produksi tentu akan diperlambat. Sebaliknya, apabila stock barang kurang maka produksi pun harus dipercepat dan bukan tak mungkin perusahaan akan kehilangan keuntungan.

Anggaran atas persediaan barang yang sudah jadi harus tetap diinventarisir dan dilakukan pula proses pencatatan yang dilakukan oleh tim akunting. Hal ini akan membuat perusahaan dapat tahu nominal persediaan dari barang jadi yang dimiliki oleh perusahaan secara akurat.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam memperhitungkan anggaran persediaan dengan mudah dan efisien ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Top Kebutuhan PelangganUji Coba Pasar